Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ekonomi

Akibat Adanya Penyesuaian PBB Kota Bekasi Naik

Published

on

Bekasi, Realitarakyat.com. – Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, menyebut kenaikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) karena penyesuaian. Umumnya, kenaikan karena lokasi yang memang strategis. Seperti, lokasi di sepanjang jalan protokol.

Lokasi yang naik mengalami penyesuaian seperti di sepanjang Jalan Sultan Agung, Jalan Pondok Gede, Jalan Raya Pekayon, atau jalan-jalan utama. “Seperti di Jalan Sultan Agung, di sana yang berbatasan dengan DKI, yang Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sudah tinggi,” katanya saat ditemui usai pembukaan TMMD di Jatiasih, Selasa (26/2/2019).

Walikota menyebut, seperti di kawasan Ujungmenteng, NJOP di kawasan itu sudah sekitar Rp 8 jutaan. “Di kita masih Rp 1,5 jutaan. Maka harus ada penyesuaian,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2019 di Kota Bekasi mengalami kenaikan. Bahkan, kenaikan PBB dinilai gila-gilaan karena sampai 400 persen.

Satu warga, Rosilawati, di Harapan Jaya, Bekasi Utara, mengaku terkejut karena mendapati Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB 2019, Senin (25/2). SPPT tertulis tagihan Rp 114.829, sedangkan tagihan PBB pada 2018 sebesar Rp 83.731.

Kenaikan juga dirasakan warga di Kampung Nangka, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara. PBB tahun lalu sebesar Rp 263.336, namun kini naik 400 persen lebih menjadi Rp 1.096.152. Begitu pun WP yang tahun lalu Rp 2 juta kini dikenakan Rp 4,1.

Walikota menyebutkan kenaikan PBB ini untuk menyesuaikan antara NJOP dengan harga jual tanah. Kenaikan PBB di Kota Bekasi untuk mendongkrak peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) yang digunakan untuk pembangunan wilayah. “Peningkatan pendapatan ini akan digunakan untuk pembangunan skala prioritas seperti tandon air, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan sebagainya,” katanya. (Es)

Baca Juga :   Lapor Jokowi, Sekarwo: Harga Sembako di Jatim Stabil
Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Kemenkop Dorong Mahasiswa Asal Papua Jadi Wirausaha

Published

on

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof Rully Indrawan saat memberikan paparan di depan para mahasiswa asal Papua (Timika dan Bintuni), pada acara ceramah kewirausahaan dengan tema Penumbuhan Spirit Entrepreneurship di Kampus PIBI Ikopin, Bandung, Jawa Barat, Selasa (17/9/2019).
Continue Reading

Ekonomi

LPDB Siapkan Rp100 Miliar Dana Pinjaman untuk Aceh

Published

on

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Braman Setyo
Continue Reading

Ekonomi

PKB Nilai Rencana Bu Sri Naikan Cukai Tembakau Mematikan Petani dan Pekerja

Published

on

Ketua DPP PKB Bidang Ketenagakerjaan dan Migran, Dita Indah Sari / Net
Continue Reading
Loading...




Loading…