Connect with us

Hiburan

Festival Pesona Bau Nyale diharapkan Bisa Kembangkan UKM Daerah

Published

on

Praya, Realitarakyat.com. – Pulau Lombok merayakan tradisi kuno, Festival Pesona Bau Nyale. Tradisi ini adalah salah satu jenis festival rakyat tahunan Orang Sasak, di mana banyak orang berbondong-bondong ke laut untuk menangkap cacing laut (Nyale). Menurut legenda setempat, Nyale mewakili keberuntungan.

Perayaan Festival Pesona Bau Nyale 2019 yang dipusatkan di Pantai Seger, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort, Desa Kuta Kecamatan Pujut, Lombok, NTB itu memasuki hari puncak. Sejumlah pejabat dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Kemenko Bidang Kemaritiman turut hadir.

Sekretaris Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring mengatakan Festival Pesona Bau Nyale diadakan lebih dari sekadar melestarikan tradisi budaya masyatakat lokal. Lebih dari itu, event ini bertujuan untuk mengangkat sektor pariwisata. Untuk diketahui festival ini menargetkan kunjungan 3.000 wisatawan.

“Tradisi budaya seperti ini untuk menarik wisatawan, jadi harus kita dukung,” kata Meliadi di sela-sela malam puncak Festival Pesona Bau Nyale di Pantai Seger, Lombok, NTB, Minggu (24/2/2019) malam.

NTB memiliki potensi wisata pantai yang bisa dikembangkan ke depannya, selain kerajinan, tenun, kuliner, dan perak. Meliadi menegaskan, bila suatu daerah intens mengembangkan potensi pariwisata yang dimilikinya, maka otomatis akan berdampam positif pada berkembangnya sektor UMKM.

“Ini budaya tahunan yang rutin diadakan jadi kalau budayanya berkembang pasti kegiatan UKM juga akan berkembang. Itu rumusnya,” katanya.

Festival Pesona Bau Nyale 2019 merupakan kegiatan menangkap cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika di Pantai Kuta Lombok. Nyale sendiri hanya bisa ditangkap pada 20 bulan 10. Tahun ini Pesona Bau Nyale dimulai tanggal 20 Februari di Pantai Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga :   Menjelang Puncak Pesta Adat Kahiyang Ayu Di Mandikan Sambil Bawa Batu Tujuh Biji

Tidak hanya sekedar menangkap cacing laut, event ini pun mengandung kearifan lokal dan telah dilaksanakan untuk menjaga nilai budaya suku Sasak. Festival Pesona Bau Nyale 2019 juga sebagai ajang untuk meningkatkan kembali wisata Lombok, terutama setelah adanya gempa tahun lalu.

Festival Pesona Bau Nyale 2019 pun menyediakan beragam atraksi menarik lainnya. Di antaranya adalah parade budaya suku Sasak, aktivitas pembersiha pantai, kompetisi berselancar, Voli Pantai, kompetisi selfie, kontes kecantikan Putri Mandalika, hingga bazaar kuliner.(Zal)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

#Trending