Connect with us

Kriminal

Alasan Kooperatif, Tiga Tersangka Korupsi Tidak Ditahan

Published

on

Kupang, realitarakyat.com –  Setelah ditetapkan sebagai tersangka sejak 2018 lalu, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kupang tidak menahan tiga tersangka kasus dugaan korupsi dana DAK untuk SMA/SMK di Kota Kupang sejak tahun 2018 lalu.

Tiga tersangka yang tidak ditahan oleh Kejari Kota Kupang diantaranya, Nikodemus Salean, Jefri Morisd Soleman Luik dan Welem Karel Lay.Demikian diungkapkan Kasi Intel Kejari Kota Kupang, Chris Malaka yang ditemui diruang kerjanya, Senin (25/2).

Malaka mengaku bahwa ketiga tersangka tidak ditahan dengan alasan bahwa semenjak proses penyidikan hingga penetapan tersangka, ketiganya sangatlah kooperatif.

Selain itu, lanjut Malaka, dari ketiga tersangka ada dua orang tersangka diantaranya telah menitipkan uang penggangti kerugian negara dalam kasus itu.

“Ketiga tersangka tidak ditahan karena sangat kooperatif selama proses hukum berjalan dan ada dua orang tersangka yang titipkan uang pengganti kerugian negara,” kata Malaka.

Informasi yang berhasil dihimpun di Kejari Kota Kupang disebutkan bahwa kasus tersebut telah dilakukan tahap II dari tangan penyidik Tipidsus ke tangan Jaksa Penuntut Umum Kejari Kota Kupang.Namun, setelah dilakukan tahap II dari tangan penyidik ke JPU, berkas perkara tersebut hingga saat ini belum juga dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang.

Sebelumnya, Kejari Kota Kupang telah menetapkan lima orang tersangka dalam kasus DAK Kota Kupang diantaranya, Nikodemus Salean, Welem Karel Lay, Jefri Morisd Soleman Luik, Herman Riwu Jetta, dan Yacob Lotte.(rey)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending