Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Puluhan Ribu Umat Islam Solo Hadiri Haul Gus Dur

Published

on

Solo,Realitarakyat.com. – Putri kedua alm. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Arifah Chafshoh atau yang akrab disapa Yenny Wahid berkaca-kaca saat menyebut dirinya melihat Gus Dur sebelum ke acara ini.

“Saya sebelum acara ini digelar telah bermimpi melihat Gus Dur tersenyum. Beliau kemungkinan sudah tahu atas keikhlasan masyarakat yang ikut hadir di acara Haul ini,” kata Yenny.

Menurut Yenny pesan Gus Dur hanya satu kepada anak-anaknya, yakni “Hidup itu adalah cinta dan ibadah. Jadi, melalui acara haul ini, semua kita meneruskan untuk menebarkan (cinta) antara sesama kita, kepada seluruh warga bangsa,” jelas Yenny.

Karena itu Ketua Umum Konsorsium Kader Gus Dur itu tak sanggup menahan air matanya. Yenny pun sangat terharu dengan keikhlasan puluhan ribu orang memenuhi acara puncak Haul ke-9 Gus Dur di Stadion Sriwedari Solo,pada Sabtu (23/2/2019) malam itu.

Dia bahkan sempat menghentikan sambutan di hadapan puluhan ribu umat Islam itu. “Atas nama keluarga, saya sampaikan terima kasih, maaf Ibu Sinta (istri Gus Dur) tak hadir karena sedang kurang sehat,” kaya Yenny.

Puluhan ribu orang ddatang ari berbagai daerah. Sehingga mereka tak hanya memadati di dalam lapangan Stadion Sriwedari saja, tetapi juga memadati jalan-jalan sekeliling stadion untuk mendoakan Presiden RI ke-4 itu.

Menurut Hussein Syifa, Ketua Panitia Haul Gus Dur, sebanyak 30.000-an orang memadati Stadion Sriwedari, belum terhitung yang berada di luar kompleks olah raga tersebut.

“Mereka dari Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen dan Kota Solo dengan ikhlas datang ke Solo karena kecintaannya dengan Gus Dur,” kata Hussein.

Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Noto Mihardjo turut menghadiri Haul Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid yang ke-9 itu.

Baca Juga :   Inilah Pesan yang Akan Disampaikan Jokowi di KTT Asean Bangkok

Selain itu hadir mantan Rais Aam PBNU asal Rembang KH Mustofa Bisri (Gus Mus), Pimpinan Ponpes Al Muayyat Solo KH Abdul Rosaq Shofawi, Mahfud MD, Staf Ahli Bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi Kemenag RI, Oman Fathurahman, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, Kapolda Irjen Condro Kirono, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, dan Wali Kota Surakarta F.X Hadi Rudyatmo.

Acara juga dimeriahkan dengan warga yang memakai topeng bergambar Gus Dur dalam kirab budaya menyambut Haul Gus Dur ke-9 tersebut.

“Saya sebelum acara ini digelar telah bermimpi melihat Gus Dur tersenyum. Beliau kemungkinan sudah tahu atas keikhlasan masyarakat yang ikut hadir acara Haul ini,” pungkas Yenny.

Advertisement
Loading...
Loading…