Connect with us

Politik

KH. Ma’ruf Amin Ziarah ke Makam Syekh Yusuf Makassar

Published

on

Makassar,Realitarakyat.com. – Cawapres  KH.Ma’ruf Amin berziarah ke makam, Syekh Yusuf di Makassar, Kamis (21/2/2019). Syekh Yusuf adalah tokoh dan ulama besar, pejuang dan pemimpin tarekat.

Menurut Mustasyar PBNU itu, Syekh Yusuf merupakan menantu dari Sultan Alauddin, Gowa, yang pernah berjuang bersama Sultan Hasanuddin Makassar melawan Belanda.

“Sultan Hasanuddin waktu itu ditipu dan ditangkap Belanda. Beliau (Syekh Yusuf) lari ke Banten dan bergabung berjuang bersama Sultan Agung Tirtayasa,” tutur Pengasuh Pesantren An-Nawawi, Tanara, Serang, banten itu.

Selain itukata Ma’ruf, Syekh Yusuf dan Sultan Agung Tirtayasa pernah sama-sama ditipu Belanda. Sultan Agung Tirtayasa ditahan di Batavia, sedangkan Syekh Yusuf dibuang hingga ke Afrika Selatan.

“Beliau pejuang yang gigih, sampai dibuang ke Afrika Selatan tapi beliau tidak takut. Jadi, sosok Syekh Yusuf ini sebagai pahlawan yang bisa menjadi panutan rakyat Indoensia. Bahkan Syekh Yusuf termasuk pahlawan internasional,” katanya.

Syekh Yusuf diberi gelar gelar pahlawan nasional pada tahun 1955. Hal yang sama diberikan oleh pemerintah Afrika Selatan tercatat juga turut memberikan gelar pahlawan kepada Syekh Yusuf.

Gelar pahlawan dari Afrika Selatan itu terungkap saat Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma bertemu Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Maret 2017.

Zuma mengatakan, gelar pahlawan diberikan untuk Syekh Yusuf karena ikut berjuang bersama masyarakat Afrika Selatan. Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela juga menyebut Syekh Yusuf sosok menginspirasi bagi perjuangan warga Afrika Selatan

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Pilkada 2020

Pilkada Lewat DPRD Berpotensi Munculkan Oligarki

Published

on

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa. (Foto: Ist)
Continue Reading

Politik

Awasi Seleksi CPNS, DPR Bentuk Panja

Published

on

Ilustrasi (Ist)
Continue Reading

Politik

Klaim Bambang Didukung 367 Pemilik Suara Dipertanyakan

Published

on

Politisi Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia / Net
Continue Reading




Loading…