Connect with us

Nasional

Akhirnya, MA Tolak Kasasi HTI

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya Mahkamah Agung (MA) memutuskan menolak kasasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), yang berkaitan dengan putusan pemerintah mencabut status badan hukum HTI. Dengan demikian ormas itu sah sebagai organisasi terlarang.

Dalam laman resmi MA, Jumat (15/2/2019) menyebut menolak kasasi yang diajukan HTI. Dengan demikian, Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-30.AH.01.08 Tahun 2017 tentang Pencabutan Status Badan Hukum HTI tetap berlaku.

Dalam putusan itu, para Majelis Hakim Kasasi yang beranggotakan Is Sudaryono, Hary Djatmiko, dan Supandi telah memutus perkara dengan nomor register 27 K/TUN/2019 itu pada Kamis (14/2).

Untuk diketahui, Kasus bermula saat Menkumham membubarkan HTI pada 2017 dengan berdasarkan UU Ormas. HTI tidak terima dan menggugat ke PTUN Jakarta.

Pada 7 Mei 2018, PTUN Jakarta menolak gugatan HTI. Vonis itu dikuatkan Pengadilan Tinggi Jakarta pada September 2018. HTI tak terima dan mengajukan permohonan kasasi. Putusan terakhir MA menyatakan menolah kasasi HTI tersebut.

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending