Connect with us

Politik

Soal Pemberhentian GKR Hemas, OSO: Itu Tugas BKD

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com.  – Meski telah diperingatkan tiga kalai baik secara lisan maupun tertulis agar meminta maaf dan aktif mengikuti rapat-rapat di DPD RI, namun sampai paripurna DPD RI pada Kamis (14/2), Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas belum juga melakukan keputusan Badan Kehormatan (BK) DPD RI tersebut.

Untuk itu paripurna DPD RI pada Kamis (14/2) ini secara resmi  memberhentikan senator asal daerah pemilihan Yogyakarta itu di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta.

Saat ditanya soal pemberhentian itu, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) menegaskan jika pemberhentian itu tugas BK DPD RI. “Saya gak ikut-ikutan soal Ibu GKR Hemas. Itu tugas BK DPD,” tegas OSO di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (14/2).

Sebelumnya GKRHemas mengaku tetap bekerja sebagai anggota DPD meski beberapa kali tidak hadir dalam rapat. Ketidakhadiran GKR Hemas sebanyak 12 kali dalam rapat-rapat DPD menjadi alasan dia diberhentikan sementara oleh Badan Kehormatan (BK) DPD.

Namun, kata GKR Hemas, dirinya tetap mengunjungi warga di daerah pemilihannya, di DI Yogyakarta. “Seperti yang saya lakukan misalnya masa reses, saya selalu bekerja ke daerah, kemudian memberikan laporan ke DPD,” terang GKR Hemas, Selasa (8/1/2019).

Kendati demikian, GKR Hemas menegaskan kemalasannya sebagai bentuk protes terhadap pimpinan DPD saat ini berkuasa. “Kalau dibilang malas ya malas orang enggak pernah datang. Malas dalam konotasi bahwa saya tidak mengakui kepemimpinan OSO,” ujarnya.

Karena itu istri dari Gubernur DIY memutuskan menempuh jalur hukum dengan mengajukan sengketa kewenangan lembaga negara ke Mahkamah Kontitusi (MK), pada Selasa (8/1/2019) lalu.

Sengketa tersebut diajukan menyangkut kepemimpinan DPD RI periode 2014-2019 oleh GKR Hemas dan Farouk Muhammad dengan kepemimpinan DPD RI periode 2017-2019 oleh Oesman Sapta Odang (OSO), Nono Sampono, dan Darmayanti Lubis.

Baca Juga :   Anang Hermansyah: RUU Ekonomi Kreatif Masuk Prolegnas 2018

 

 

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending