Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nasional

Pengamat: Cegah Tindak Kekerasan di Sekolah, Pendidikan Moral Perlu Ditingkatkan

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com – Kasus kekerasan di dunia pendidikan yang viral di media sosial belakangan ini membuat sejumlah kalangan merasa prihatin, tidak terkecuali pengamat pendidikan Prof DR Sumaryoto.

Menurut Rektor Unindra ini, terjadinya kekerasan di dunia pendidikan saat ini akibat kurangnya pendidikan moral yang saat ini dilaksanakan secara maksimal dan sungguh-sungguh.

“Jika zaman dahulu ada Pendidikan Moral Pancasila, saat ini sudah tidak ada lagi. Yang ada pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Karena itu yang lebih ditekankan adalah masalah moral pada anak-anak generasi saat ini,” kata Sumaryoto kepada Realitarakyat.com diruang kerjanya, Rabu (13/2/2019).

Dalam hal ini, jelas Sumaryoto, tidak ada yang salah terkait kurikulum tiga belas (kurtilas) yang ada. Namun hanya perlu ditambahkan pendidikan moral saja bagi peserta didik.

Lebih lanjut Sumaryoto menegaskan, untuk memperbaiki persoalan ini ada 3 hal yang segera dibenahi. Yang pertama adalah masalah kurikulum, dimana dalam kurikulum harus ditambahkan pendidikan moral. Yang kedua masalah kelembagaan, dimana seharusnya dalam sekolah dasar adanya peran guru pembimbing konseling (BK). Sehingga peserta didik dapat mendapatkan bimbingan dari guru BK.

Terakhir adalah memanusiakan guru. Dimana masih banyaknya nasib guru-guru yang belom diangkat menjadi PNS. Padahal tanggung jawab yang diemban begitu berat. “Bagaimana bisa maksimal memberi yang terbaik kepada peserta didik jika nasib gurunya saja masih banyak yang harus diperjuangkan,” tutup Sumaryoto.

Loading...
Baca Juga :   Akibat Konflik Lahan Sawit Tak Kunjung Usai, Warga Way kanan Suratin Presiden Jokowi
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Hukum

Di RKUHP, Zina dan Kumpul Kebo Hanya Bisa Diadukan Orang Terdekat

Published

on

Continue Reading

Hukum

RKUHP Atur Penyelenggara Negara Korup Dihukum Lebih Berat

Published

on

Continue Reading

Hukum

Kritik Terhadap Revisi KUHP Dilakukan Secara Sporadis dan Ad Hoc

Published

on

Continue Reading




Loading…