Connect with us

Daerah

Gempa 5,0 Magnitudo Guncang Manggarai Barat

Published

on

Manggarai, realitarakyat.com – Senin (7/1) sekitar pukul 10:48 wita, gempa berkekuatan 5, 0 Magnitudo mengguncang Manggarai Barat (Mabar). Kekuatan yang mencapai 5, 0 Magnitudo tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5.0, yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=4.9.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,13 LS dan 119,87 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 40 km arah utara Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 45 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menyebutkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Laut Flores ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar oblique.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Labuan Bajo dan Bima dalam skala intensitas II-III MMI, dan di daerah Ruteng pada skala I-II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 11.13 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(rey)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

175 Pengungsi dari Wamena Tiba di Medan

Published

on

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyambut kedatangan 175 warga Sumut, Aceh dan Riau, yang mengungsi akibat kerusuhan di Wamena, Papua / Net
Continue Reading

Daerah

Jakpro Ditunjuk untuk Kerjakan Proyek Saluran Bawah Tanah

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Daerah

Wali Kota Tanjungbalai Apresiasi Program PKH Bebas Narkoba

Published

on

Wali Kota H M Syahrial dalam acara tes urine dan penandatanganan pakta integritas tolak narkoba oleh pendamping, operator, koordinator PKH serta KPM di halaman Kantor Dinas Soaial Kota Tanjungbalai / Ist
Continue Reading




Loading…