Connect with us

Ekonomi

Dua Kota di NTT Alami Inflasi

Published

on

Kupang, realitarakyat.com – Dua Kota di provinsi NTT pada Desember 2018 mengalami inflasi sebesar 1,84 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 134,70.

“Dua kota IHK di Nusa Tenggara Timur mengalami inflasi yaitu Kota Kupang sebesar 2,09 persen dan Kota Maumere sebesar 0,14 persen,” kata Kepala Bidang Statistik Distribusi, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTT, Demarce M. Sabuna kepada wartawan di kantornya, Rabu (2/1).

Menurut Sabuna, inflasi Desember 2018 di Provinsi NTT terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada enam dari tujuh kelompok pengeluaran.

“Dimana kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan mengalami inflasi tertinggi sebesar 4,94 persen yang diikuti kelompok bahan makanan sebesar 3,82 persen,” ungkapnya.

Sabuna menyebutkan, selama tahun 2018, Nusa Tenggara Timur mengalami inflasi sebesar 3,07 persen, Kota Kupang mengalami inflasi 3,23 persen dan Kota Maumere 2,00 persen.

Di Tahun 2018, penyebab utama terjadinya inflasi di NTT didorong oleh kenaikan indeks harga pada kelompok pengeluaran transport, komunikasi dan jasa keuangan.

“Seluruh kelompok pengeluaran selama tahun 2018 mengalami kenaikan indeks harga,” tandas Sabuna.

Dia menambhakan, dari 82 kota sampel IHK Nasional, pada Desember 2018 80 kota mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Kupang sebesar 2,09 persen dan terendah terjadi di Kota Banda Aceh dengan inflasi sebesar 0,02 persen.(rey)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Pemerintah Diminta Tetapkan Harga Patokan Nikel

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

LPDB Dorong Digitalisasi Pinjaman untuk Koperasi

Published

on

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), Braman Setyo, saat menyampaikan paparannya dalam diskusi bertajuk 'Membangun Ekonomi Digital Indonesia dan Khususnya Indonesia Timur', di Kupang, NTT, Jumat (28/2/2020).. (foto: humas LPDB-KUMKM)
Continue Reading

Ekonomi

Summarecon Bekasi Kembali Luncurkan Klaster Kelas Atas

Published

on

Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending