Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ekonomi

Dua Kota di NTT Alami Inflasi

Published

on

Kupang, realitarakyat.com – Dua Kota di provinsi NTT pada Desember 2018 mengalami inflasi sebesar 1,84 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 134,70.

“Dua kota IHK di Nusa Tenggara Timur mengalami inflasi yaitu Kota Kupang sebesar 2,09 persen dan Kota Maumere sebesar 0,14 persen,” kata Kepala Bidang Statistik Distribusi, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTT, Demarce M. Sabuna kepada wartawan di kantornya, Rabu (2/1).

Menurut Sabuna, inflasi Desember 2018 di Provinsi NTT terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada enam dari tujuh kelompok pengeluaran.

“Dimana kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan mengalami inflasi tertinggi sebesar 4,94 persen yang diikuti kelompok bahan makanan sebesar 3,82 persen,” ungkapnya.

Loading...

Sabuna menyebutkan, selama tahun 2018, Nusa Tenggara Timur mengalami inflasi sebesar 3,07 persen, Kota Kupang mengalami inflasi 3,23 persen dan Kota Maumere 2,00 persen.

Di Tahun 2018, penyebab utama terjadinya inflasi di NTT didorong oleh kenaikan indeks harga pada kelompok pengeluaran transport, komunikasi dan jasa keuangan.

“Seluruh kelompok pengeluaran selama tahun 2018 mengalami kenaikan indeks harga,” tandas Sabuna.

Dia menambhakan, dari 82 kota sampel IHK Nasional, pada Desember 2018 80 kota mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Kupang sebesar 2,09 persen dan terendah terjadi di Kota Banda Aceh dengan inflasi sebesar 0,02 persen.(rey)

Baca Juga :   Ketua DPR Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Ekonomi

Kemenkop Dorong Mahasiswa Asal Papua Jadi Wirausaha

Published

on

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof Rully Indrawan saat memberikan paparan di depan para mahasiswa asal Papua (Timika dan Bintuni), pada acara ceramah kewirausahaan dengan tema Penumbuhan Spirit Entrepreneurship di Kampus PIBI Ikopin, Bandung, Jawa Barat, Selasa (17/9/2019).
Continue Reading

Ekonomi

LPDB Siapkan Rp100 Miliar Dana Pinjaman untuk Aceh

Published

on

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Braman Setyo
Continue Reading

Ekonomi

PKB Nilai Rencana Bu Sri Naikan Cukai Tembakau Mematikan Petani dan Pekerja

Published

on

Ketua DPP PKB Bidang Ketenagakerjaan dan Migran, Dita Indah Sari / Net
Continue Reading




Loading…