Connect with us

TNI -POLRI

Kapolri Tito Karnavian Jadi Pembicara di Forum Internasional Victoria Police di Australia

Published

on

Melbourne ,Realitarakyat.com. – Kapolri Jenderal Tito Karnavian bicara penanggulangan teroris di hadapan instansi penegak hukum dari berbagai negara dalam Victoria Police and Leadership in Counter Terrorism Alumni Assocition 2018 di Hotel Grand Hyatt, Melbourne, Australia, Rabu (12/12).

 

Forum bertemakan ‘Solving the CT Puzzle-Informed, Innovative, and Responsive’. Tito berbicara panjang lebar mengenai persoalan terorisme. Ia mengambil studi kasus dari tindakan terorisme di Indonesia.

Menurut Tito, penting bagi kalangan penegak hukum memiliki mindset maupun perilaku bertindak yang menjadi strategi dari pelaku teror.

“Pemahamanan ini akan mempengaruhi pilihan bertindak bagi para penegak hukum guna melaksanakan counter strategy untuk mencegah dan menanggulangi kejahatan terorisme,” ujar Tito dalam acara yang berlangsung selama tiga hari itu.

Kapolri menjelaskan, perkembangan terorisme global saat ini dapat di kategorikan ke dalam dua gelombang, gelombang pertama terjadi sejak kemunculan Al-Qaedah. Dari situ, dikaitkan dengan Jamaah Islamiyah di Indonesia.

Kapolri juga berbicara tentang gelombang kedua yakni ditandainya dengan kehadiran ISIS dan bagaimana pengaruhnya terhadap Jamaah Anshorut Daulah (JAD) di Indonesia. Menurutnya, ada dua pendekatan yang bisa ditempuh, yakni pendekatan keras (hard approach) dan pendekatan lunak (soft approach).

“Kedua pendekatan ini harus berjalan secara simultan guna mengoptimalkan hasil dan tujuan yang hendak dicapai,” Tito menjelaskan. Selama Polri dibawah kendalinya, integritas Tito dalam pemberantasan teroris tergolong ekspert.

Forum internasional yang digagas oleh LinCT ini sangat ditunggu audiens yang terdiri dari para penegak hukum, manajemen emergensi, pemerintah, dan akademisi dari berbagai negara di dunia.

Bisa dibilang, presentasi Kapolri menyita perhatian dunia. Pemikirannya sangat dinanti negara-negara yang karena keberhasilan Indonesia memerangi teroris. (Hasyim)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending