Connect with us

Opini

Orbaisme Kental dalam Cara Pandang Politik Prabowo

Published

on

Orbaisme Kental dalam Cara Pandang Politik Prabowo

Oleh: Inas Nasrullah Zubir

Ketua Fraksi Hanura DPR RI

Prabowo menginginkan konstitusi Indonesia kembali ke UUD 45 asli. Padahal salah satu kekurangan UUD 45 asli adalah tidak mengatur tentang hak milik pribadi, dan salah satu akibatnya adalah kebijakan pertanahan di era orde baru lebih dititikberatkan kepada upaya memenuhi kepentingan dan kebutuhan pembangunan di sektor pertanian dan industri, dengan cara menyerobot tanah rakyat, merampas tanah rakyat dan tanah negara yang di fasilitasi oleh pemerintahan orde baru, bahkan berbagai kasus kebakaran perkampungan di era orde baru adalah kesengajaan untuk merampas tanah rakyat jelata.

Fokus kebijakan-nya hanya untuk memfasilitasi pemodal dengan alasan mengejar pertumbuhan ekonomi melalui cara menegasikan berbagai pandangan akademis yang dianggap oleh rezim orde baru menghambat kebijakan pembangunan.

Pemerintah orde baru memandang peningkatan ekonomi lebih penting dibandingkan pelaksanaan land reform, yang sebenarnya merupakan instrumen utama hak pribadi masyarakat untuk mencapai keadilan sosial.

Dengan itu semua, pemerintahan orde baru mengeluarkan UU Nomor 7 Tahun 1970 yang menghapus UU tentang Pengadilan Land Reform dan UU Nomor 2 Tahun 1960 tentang Perjanjian Bagi Hasil.

Di era ini juga terjadi ideologisasi pengorbanan oleh rakyat pemilik tanah bagi terwujudnya kepentingan negara atau umum, bahkan menelantarkan hak tradisional masyarakat lokal atau hak ulayat masyarakat hukum adat, jadi tidak heran kalu pada era orde baru kasus mega sengketa tanah yang melibatkat rakyat banyak mencapai ratusan kasus.

Nah! Apakah keinginan Prabowo kembali ke UUD 45 asli, selain ingin melanggengkan kekuasaan-nya model orde baru selama berpuluh-puluh tahun, juga untuk memudahkan dia dalam membangun proyek-proyek pembangunan kron-kroninya, dimana kebutuhan tanah didapat dengan cara merampas dari rakyat-nya.

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending