Connect with us

Daerah

Dari Moskow Sanggam Hutapea Serukan Promosi Danau Toba Lebih Digencarkan

Published

on

JAKARTA, Realitarakyat.com– Promosi kepariwisataan Danau Toba ternyata belum maksimal dan masih perlu digencarkan. Jangankan di Eropa, di kawasan Asia saja promosinya sangat minim.

Padahal, kata pemerhati pariwisata, Ir Sanggam Hutapea MM, potensi wisatawan dari kawasan Asia cukup besar. Itu terbukti, wisatawan dari kawasan Asia seperti China berbondong-bodong melakukan wisata ke Rusia.

Dikatakan, dirinya melihat banyaknya wisatawan dari Asia melakukan perjalanan wisata ke Rusia. Mereka umumnya berombongan dan mempergunakan jasa travel.

“Saya coba bertanya kepada beberapa diantara mereka, kenapa tidak tour wisata ke Danau Toba. Ternyata, mereka sangat minim mengetahui tentang Danau Toba,” kata Sanggam dalam keterangan tertulisnya melalui WhatsApp (WA) dari Moskow, Rusia, Minggu (7/10).

Promosi yang lemah, penyebab banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia tidak mengetahui keberadaan Danau Toba. Karena itu, selama di Rusia, kepada orang-orang yang menjadi lawan bicaranya, Sanggam selalu menceritakan keindahan alam Danau Toba sebagai panggilan jiwa untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata dunia.

Disamping keindahan alam Danau Toba sebagai andalan, Sanggam menekankan perlunya mengkemas legenda legenda dan atraksi budaya di kawasan Danau Toba.

Sanggam mencontohkan apa yang dia lihat sendiri dimana wisatawan yang antri memanjang untuk masuk ke kawasan gedung kuno yang menjadi tujuan wisata di Moskow, dan di dalam wisatawan disungguhkan kisah bangunan yang dikemas begitu baik.

“ini merupakan satu pelajaran untuk bisa diterapkan di kawasan Danau Toba yang banyak memiliki legenda legenda, namun legenda legenda itu belum dikemas hingga menjadi daya tarik mendatangkan wisatawan.

Legenda terjadinya Danau Toba akibat letusan Gunung Toba puluhan tahun silam perlu dikemas secara baik hingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.Apa lagi peristiwa letusan Gunung Toba tercatat sebagai salah satu letusan gunung merapi terdahsyat di dunia, papar Sanggam.

Keanekaragaman budaya juga perlu menjadikan pariwisata Danau Toba semakin mendunia. Tentu keterlibatan masyarakat dan para pelaku pariwisata sangat menentukan kemajuan pariwisata Danau Toba.

Disamping itu, Sanggam yang tercatat maju sebagai calon anggota DPR RI 2019-2024 daerah pemilihan Sumatra Utara II dari Partai Nasdem, juga berharap agar atraksi atraksi budaya bisa lebih banyak dipagelarkan sehingga wisatawan tertarik lebih mengenal budaya Batak.

“Atraksi budaya yang rutin dipagelarkan kepada wisatawan akan membuat wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam Danau Toba, tapi juga akan lebih tertarik mengetahui lebih dalam tentang kebudayaan masyarakat Batak khususnya masyatakat yang tinggal di kawasan Danau Toba,” demikian Sanggam Hutapea. (tanjung)

Advertisement
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

#Trending