Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

TNI -POLRI

Moeldoko, Pelibatan TNI dalam Memberantas Terorisme Bukti Keseriusan Pemerintah Berantas Teroris

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com.- Keseriusan pemerintah dalam memerangi terorisme di Indonesia terus digencarkan. Pasca disahkannya Revisi UU Tindak Pidana Terorisme di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera membuat peraturan presiden (Perpres) soal perlibatan TNI dalam penanggulangan terorisme. Nantinya perpres tersebut membahas teknis operasi.

“Perpres-nya nanti lebih bersifat ke arah taktikal, bagaimana teknis operasinya. Kira-kira seperti itu,” ujar Moeldoko di kantornya pada Jumat (25/5/2018) petang.

Dalam Perpres itu akan mengatur siapa yang memimpin pasukan super elite Koopssusgab TNI. Moeldoko mengatakan nantinya Koopssusgab akan dipimpin jenderal bintang dua secara bergantian.

“Siapa yang mengendalikan Koopssusgab itu, secara bergantian bintang dua, Komandan Jenderal Kopassus, kemudian Komandan Korps Marinir dan Komandan Pasukan Khas. Setiap 6 bulan sekali, secara bergantian,” kata Moeldoko.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan pasukan Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) baru akan aktif terlibat langsung dalam penindakan terorisme setelah payung hukum berupa Peraturan Pemerintah (PP) terbit.

PP tersebut, menurut Hadi, diperlukan untuk menjadi payung hukum teknis pelaksanaan Undang-Undang TNI Nomor 34 tahun 2004 Pasal 7 ayat 2 poin 3 tentang Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Dengan PP itu, Koopssusgab dapat menjadi satuan resmi dan mempunyai anggaran. (Willy)

Baca Juga :   Laksamana Muda S Irawan Resmi Menjabat Sestama Bakamla
Advertisement
Loading...
Loading…