Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Hukum

Polda Sumut Amankan 226 ‘Ball Press’ Monja Ilegal dari Luar Negeri

Published

on

Medan, Realitarakyat.com- : Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) berhasil mengamankan 226 karung ‘ball press’ berisi pakaian bekas ilegal dari luar negeri. Jumlah tersebut merupakan hasil sitaan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut, Polres Tanjung Balai, dan Polres Asahan.

Ditreskrimsus Polda Sumut berhasil menyita 120 karung pakaian bekas dan 2 unit truk colt diesel. Kemudian Polresta Asahan mengamankan 46 karung pakaian bekas dan 5 unit alat angkut (truk). Kemudian Polresta tanjungbalai berhasil menyita 60 karung pakaian bekas serta satu unit truk colt Diesel.

“Total barang bukti yang disita adalah 226 karung ballpress pakaian bekas eks luar negeri, 2 mobil truk Mitsubishi Colt Diesel, 2 unit mobil Mitsubishi L 300 (box dan pick up), mobil Suzuki Pick Up, Mobil Daihatsu Grandmax, Mobil Bus Umum Povri, dan Mobil truk Colt Diesel,” ucap Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, saat press release di halaman Ditreskrimsus Polda Sumut, Jumat (2/2/2018) siang.

Selain mengamankan barang bukti, tujuh orang pelaku juga telah ditindak untuk dimintai keterangan. Mereka antara lain berinisial IH, AR, RHDS, AF, ES, RTN, dan MA yang merupakan supir truk. “Langkah yang kami lakukan adalah masih dalam pemeriksaan para saksi – saksi. Untuk mengungkap kasus tersebut, selanjutnya kasus akan dilimpahkan kepada PPNS Bea cukai untuk proses hukum,” jelas kapolda.

Dikatakan Waterpauw, Polda Sumut berkomitmen untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif, termasuk dalam penegakan hukum di bidang ekonomi. Penyitaan pakaina bekas ini juga untuk melindungi masyarakat dari barang – barang ilegal yang tidak higienis.”Dimohon peran serta instansi terkait dan masyarakat untuk menginformasikan kepada Polri, jika menemukan tindak pidana di lingkungannya. Dengan personil yang terbatas dibanding wilayah laut yang sangat luas, sehingga penegakan hukum oleh Polda Sumut masih terus ditingkatkan terhadap penyelundupan barang ilegal,” harap Waterpauw.

Baca Juga :   DPO Pengedar Narkoba Di Dor Polisi Hingga Terkapar

Sementara Kepala Kantor Wilayah Direktorat Bea Cukai Provinsi Sumut Oza Olivia mengatakan, Bea cukai wajib melakukan pemeriksaan cukai dan menyita barang bukti sesuai amanat dari kementerian Perdagangan RI. “Kami juga siap untuk melakukan kerja sama dengan Polda Sumut dalam rangka memberantas masuknya peredaran barang ilegal di wilayah Provinsi Sumut. Selama ini kami juga terus jalin kerja sama dengan Polda Sumut, Dit Polair dan TNI Angkatan laut,” terangnya.

Kasus yang berhasil ditangani Ditreskrimsus Polda Sumut terjadi pada, Senin (22/1/2018) pukul 19.15 Wib, di dua temapt yang berbeda. Pertama Jalan Lintas Sumatera Kabupaten Asahan, dan di depan rumah makan Pasaman, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan. Dalam penangkapan diamankan dua unit truk colt Diesel yang memuat 120 karung Ball press. Pakaian bekas tersebut berasal dari luar negeri yang diselundupkan melalui perairan Tanjung Balai.

Sementara kronologis penangkapan yang dilakukan tim Polresta Asahan, dilakukan pada 16 Januari 2018 pada pukul 00.30 Wib, di Jalan Lintas Sumatera, Kabupaten Asahan. Berhasil diamankan lima unit alat angkut berupa truk Colt Diesel Mitsubishi dan Pick Up Daihatsu, dan mini bus umum. Berhasil diamankan 46 Karung ball press yang berasal dari luar negeri.

Sedangkan penangkapan di tanggal 22 Januari 2018, pada pukul 05.00 di Jalan Alteri Kelurahan Sei Rantu, Tanjungbalai, Polresta Tanjungbalai dibantu tim Bea cukai berhasil mengamankan satu unit truk colt diesel yang bermautan 60 ball press yang berasal dari luar negeri dengan tujuan Kota Medan. Dari kasus penyelundupan ball press tersebut negara dirugikan sebesar Rp1.184.800.000,-.

Adapun Peraturan yang dilanggar dalam kasus pakaian bekas ilegal tersebut adalah UU RI Nomor 17 tahun 2006 tentang perubahan atas UU Nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan. Serta Permendag RI Nomor 51/M-DAG/ PER/7/2015 tentang larangan Impor pakaian bekas. (M Sianturi)

Baca Juga :   Komisaris PT Adhiguna Keruktama Buat KTP Palsu Untuk Buka Rekening Bank
Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Anggota DPRD Periode 2014 – 2019 Kembalikan Kerugian Negara 

Published

on

Gedung DPRD Kota Tanjungbalai. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading

Daerah

Siswi SMK Diperkosa Di Atas Mobil

Published

on

Ilustrasi pemerkosaan (Ist/Net)
Continue Reading

Hukum

Perppu Tentang KPK Tak Ada Urgensinya

Published

on

Sejumlah mahasiswa menolak penerbitan Perppu tentang UU KPK. (Foto: Ist/Net)
Continue Reading




Loading…