Connect with us

Daerah

Ombusman NTB: Laporan Masyarakat Tinggi, reformasi Birokrasi Lamban

Published

on

Mataram,Realitarakyat.com.- Berdasarkan catatan Ombudsman RI Perwakilan NTB, tren aduan masyarakat selama 2017 yang diterima mengalami peningkatan jika dibandingkan jumlah aduan masyarakat terkait layanan badan publik tahun 2016.

“Ada peningkatan jumlah aduan masyarakat yang diterima Ombudsman terkait layanan badan publik tahun 2017, yaitu 203 laporan. Sementara 2016, jumlah laporan sebanyak 160 laporan,” kata Kepala Ombudsman Perwakilan NTB, Adhar Hakim di Mataram, Jumat (5/1/2018).

Dikatakan, dari jumlah laporan tersebut, instansi paling banyak yang dilaporkan adalah pemerintah daerah (Pemda) provinsi, kabupaten maupun kota, yaitu sebanyak 102 laporan atau 50,24 persen.

Kenyataan tersebut, menurut Adhar, membuktikan kalau proses reformasi birokrasi yang selama ini didengungkan pemerintah berjalan lamban dan tidak dilakukan secara serius oleh Pemda.

“Laporan paling banyak dari Kota Mataram, yaitu sebesar 54,18 persen. Kemudian dari Pemprov NTB terkait pungli di SMA dan SMK. Saat ini kewenangan pengelolaannya di bawah Pemprov NTB. Hanya saja setelah ditangani, tingkat provinsi ada perbaikan, penanganan lebih cepat,” katanya.

Asisten Bidang Pencegahan, M. Rasyid Rido mengatakan, masalah yang dilaporkan masyarakat paling banyak adalah substansi kepegawaian, pertanahan, kesehatan, pendidikan, dan kepolisian. Yang menarik kepolisian membaik, jika sebelumnya paling banyak dilaporkan adalah polisi.

“Kami menduga persoalan soal kepemimpinan dan birokrasi, menjadi salah satu penghambat reformasi birokrasi,” katanya.(Rudi A)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Daerah

Polres Tapsel Gerebek Sarang Narkoba di Kampung Derek Padangsidimpuan

Published

on

Continue Reading

Daerah

Kepsek SDN 100780 Tapian Nadenggan Jarang Masuk Sekolah, Warga Minta Bupati Tindak Tegas

Published

on

Continue Reading

Daerah

Amankan Malam Kamis-an, Polres Tanjungbalai Gelar Patroli ‘Blue Light’

Published

on

Suasana Patroli Blue Light malam Kamis-an di Kota Tanjungbalai, Rabu (26/2/2020) malam.
Continue Reading
Loading...




Loading…

#Trending