Connect with us

Nasional

Indonesia Tumbuh Berbasis Desa, Fahri Hamzah: Desa Bisa Bikin Ledakan

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com.- Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan bahwa meningkatnya partisipasi desa tidak bisa tidak harus disyukuri karena desa adalah pusat pertumbuhan baru yang menopang pertumbuhan negara. Dana sekitar 1,7 Milyar per desa juga harus dipikirkan untuk membangun ‘infrastruktur pengetahuan’ selain ‘infrastruktur jalan’.

“Semangat membangun dari desa harus dirawat oleh pusat sehingga sekitar 75.000 desa itu membuat Indonesia menggeliat,” kata politisi PKS asal Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Sabtu 21/10. Fahri Hamzah mencontohkan kampungnya di Sumbawa yang terkenal dengan kekhasan madu, hasil ladang berupa jagung dan mangga, susu kerbau & kuda liar, kopi, tenun Sumbawa dan wisata alam liar.

Jika kreatifitas digarap baik dan terekpos secara maksimal, daya ungkitnya akan besar bagi masyarakat & pemerintah daerah. “Setiap desa punya potensi dan dengan inovasi serta teknologi jurang dengan kota bisa ditutupi,” kata Fahri saat mendiskusikan solusi ekonomi kreatif bersama Bupati Sumbawa, tokoh, praktisi dan ahli.

Fahri Hamzah pun mengusulkan agar penetrasi internet, IT literacy dan kompetensi inovasi bagi masyarakat desa harus maksimal.

“Desa harus melihat peluang juga untuk berkembang. Jangan terus merasa menjadi ‘korban’ dan ‘pasar’ – sebaliknya desa bisa ‘go national’ bahkan ‘go global’. Desa harus menciptakan ledakan,” pungkas Fahri.(Es)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Komunitas Ojek Online: Nadiem Makarim Lebih Dibutuhkan untuk Masyarakat Luas

Published

on

Calon Menteri di Kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Nadiem Makarim / Net
Continue Reading

Nasional

Prabowo Bakal Masuk Kabinet Kerja Jilid II

Published

on

Prabowo sambangi Istana Negara Senin (21/10/2019) / Twitter
Continue Reading

Nasional

Tak Bertemu Jokowi, Bupati Minahasa Gagal Jadi Menteri?

Published

on

Bupati Minahasa Christiany Eugenia Tetty Paruntu / Net
Continue Reading




Loading…