Saat Mau Terbang Ke Suriah, Densus 88 Tangkap Adik Ipar Dulmatin Di Bandara Soeta

Jakarta, Realitarakyat.com. – Densus 88 menangkap Heru Kuncoro alias Ucheng alias Wahyu Nugroho, anggota senior Jamaah Islamiah yang juga adik ipar Dulmatin. Ini adalah penangkapan untuk kali ketiga bagi Heru.

“Tersangka mempunyai nama alias dalam rangka membuat paspor dengan identitas palsu. Tujuannya akan terbang ke Suriah melalui Iran. Tersangka ditangkap di Bandara Soekarno Hatta pada 3 Januari 2019,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri Selasa (12/2/2019).

Penangkapan Heru Nugroho baru dirilis saat ini karena proses investigasi butuh penguatan alat bukti lain. Menurut Dedi Prasetyo, nama Heru Nugroho sudah terpantau eksis sejak era Noordin M Top dan Dr Azhari.

“Tersangka sudah keluar masuk (lapas) dua kali. Setelah keluar dia adalah aktor sangat penting di Indonesia karena tersangka punya hubungan langsung ke luar negeri. Kontak person dia di Suriah adalah Abu Wahid,” lanjutnya.

Wahid adalah salah satu algojo ISIS di Suriah yang diyakini sudah tewas pada 29 Januari 2019. Wahid juga yang memberi saran kepada Heru untuk segera bergabung ke Suriah dan mengirimkan uang Rp 30 juta.

“Uang itu untuk pengurusan dokumen keberangkatan termasuk tiket. Tersangka, setelah dapat uang, juga memberikan uang itu ke sleeping cell di Indonesia untuk melakukan aksi teror di Indonesia. Sleeping cell itu kini dalam pantauan ketat densus 88 maupun satgas anti-teror di polda,” urai Dedi Prasetyo.(Willi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *