Jelang Pemilu 2019, Masyarakat Diminta Cerdas Memilih Caleg

TANJUNG BALAI, Realitarakyat.com– Para aktivis Kota Tanjung Balai menghimbau masyarakat cerdas memilih calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Tanjung Balai, DPRD Provinsi maupun DPR RI pada pemilu serentak 17 April mendatang.

Soalnya, masyarakat minim mendapatkan informasi terkait dengan caleg-caleg bermasalah. “Tak semua orang mendapatkan informasi soal caleg di Tanjung Balai. Padahal, tidak sedikit caleg yang maju di Kota Tanjung Balai bermasalah,” kata Koordinator Indonesian Corruption Watch (ICW) Kota Tanjungbalai, Jaringan Sihotang, Minggu (10/2).

Dikatakan, memang hal ini dikhawatirkan karena tak semua masyarakat mengetahui caleg-caleg bermasalah karena tidak semua dari mereka selalu mengikuti pemberitaan.

“Apa lagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah, dapat dipastikan jarang membaca berita lewat media online atau media sosial, khususnya terkait berita caleg ini,” ujar Jaringan.

Hal senada juga diungkapkan Taufik Hidayat, aktivis yang juga Sekretaris BPD Gapensi Tanjung Balai. Kurangnya informasi diterima masyarakat diperparah jika politik uang dipraktikkan.

“Masyarakat berpikir serba praktis, sehingga tujuan pemilu untuk memilih pemimpin yang lebih baik menjadi terlupakan. Kondisi itu semakin parah jika politik uang dimainkan,” terang dia.

Solusi efektif menurut aktifis ini, menghimbau masyarakat tidak memilih caleg bermasalah. Panitia pelaksana, pengawas Pemilu, pemerintah dan pihak terkaitdiharapkan mengkampanyekan caleg-caleg bermasalah kepada masyarakat.

Seperti diketahui, 24 dari 25 anggota DPRD Tanjung Balai 2009- 2014 terindikasi korupsi anggaran perjalanan dinas dengan total potensi kerugian negara sekitar Rp3 milyar rupiah.

Anehnya, beberapa orang terpilih kembali menjadi anggota DPRD Kota Tanjungbalai. Dan, sampai saat ini kasus dugaan korupsi itu ‘istirahat’ di penyidik Polres Tanjungbalai. (ign)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *