Fahri Hamzah Sarankan Agar Ada Regulasi Baru Untuk Perkuat BMKG

Jakarta, Realitarakyat.com. – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, mengunjungi Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dalam kesempatan tersebut, Fahri Hamzah mengatakan, BMKG harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah.

Menurut Fahri Hamzah, Diketahui, setelah kejadian Tsunami Banten dan Lampung, peran badan penanggulangan bencana dan jajarannya mendapatkan protes keras dari beberapa pihak.

Hal tersebut lantaran kurangnya informasi atau peringatan terkait gelombang tinggi yang ada di Selat Sunda.

Fahri Hamzah juga meminta kepada Kepala BMKG agar menempatkan salah satu Tim yang terus – menerus Update terkait informasi kepada masyarakat agar tidak lagi mengalami keterlambatan dalam melakukan penanganan bencana.

“Saat ini bencana di Indonesia telah hampir rutin sehingga pemerintah harus benar benar memperhatikan BMKG” Ucap Fahri Hamzah saat kata sambutannya di hadapan Kepala BMKG dan Para Pegawai BMKG, Rabu (9/1/2019).

Selain itu, Fahri juga menyebutkan bahwa bencana sebenarnya adalah sumber berkah bagi Indonesia seperti Energi panas bumi dan lain lain.

Fahri mengatakan mitigasi bencana sangat penting karena Indonesia yang merupakan wilayah cincin api (ring of fire) dan berada di tiga lempeng sehingga rawan bencana gempa, erupsi gunung api dan lainnya.

Dia juga mengatakan jika diperlukan adanya regulasi baru untuk memperkuat mitigasi, maka BMKG bisa menyusulkan ke DPR.

Lebih lanjut dia mengatakan harus ada keberanian untuk bersikap tentang integrasi lembaga yang menangani mitigasi.

Sementara itu, anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi juga meminta agar sinergi antara BMKG dengan lembaga dan badan lainnya yang terkait agar diperkuat lagi.

“Saya melihat BMKG punya data yang lengkap, dan seharusnya bisa juga memperkuat sinergi ini,” kata Kurtubi.

Fahri Hamzah dan rombongan didampingi Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dan para deputi BMKG meninjau pusat peringatan dini cuaca, pusat gempa bumi dan tsunami untuk melihat peralatan BMKG dalam memantau klimatologi, meteorologi dan geofisika.(Es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *