Unras Aliansi Masyarakat Dusun Suka Makmur Tuntut PT. PIS

Paluta, realitarakyat.com-Unjuk rasa (Unras) Aliansi Masyarakat terhadap PT. PIS (Paluta Inti Sawit) yang diduga telah merusak jalan lintas hotmik menuju Batangpane II dan III tepatnya sepanjang Dusun Suka Makmur Desa Mompang I Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padanglawas Utara, 6/12/2018.

Koordinator Aksi Aliansi Masyarakat Arman Halim Harahap, SH menyerukan tuntutan, PT. PIS dilarang menggunakan mobil lebihi tonasi diatas 8 ton melewati jalan sebelum ada MOU sebab kelas jalan 3 C, PT. PIS supaya menghotmix kemabali jalan secara merata dari titik jalan simpang Batangpane II Rokan Baru sampai ke Pabrik PKS PT. PIS dan mempekerjakan putra daerah setempat.

Polsek Padang Bolak Kanit Sabara Iptu Nanang. A bersama Kanit Intel IPDA E. Tappubolon mencoba mediasi untuk mempertemukan dengan pihak perusahaan dan menyampaikan tuntutan Aliansi Masyarakat menghotmix kembali jalan secara merata mulai dari titik jalan Simpang Batangpane II Rokan Baru sampai ke Pabrik PKS PT. PIS. dan putra daerah dipekerjakn di perusahaan.

Camat Halongonan Timur Mahyulni Harahap, SH , “Ada surat perjanjian PT. PIS dengan Pemda Paluta, ucapnya.

Pantauan, sebelum unras Aliansi Masyarakat Dusun Suka Makmur Desa Mompang I Kecamatan Halongonan Timur Paluta dilakukan terlebih dahulu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Lagu Maju Tak Gentar dipinpin Koordinator dan Penanggungjawab Aksi Arman Halim Harahap, SH dan pembacaan doa oleh Sekdes Mompang I H. Ramlan Harahap.

Pinpinan pengamanan tiba dilokasi unras sekitar pukul 11.37 Wib, Polsek Padang Bolak Kanit Sabara Nanang. A bersama Kanit Intel Ipda E. Tappubolon, Komandan Koramil 05/PB Kapten Pahlawan dan Plt.Camat Halongonan Timur Mahyulni Harahap, SH beranjak ke PKS PT. PIS memediasi aspirasi tuntutan masyarakat.

Diakhir pertemuan tim mediasi dengan PT. PIS Plt. Camat Halongonan Timur Mahyulni Harahap, SH mengajak utusan 5 orang Aliansi Masyarakat Dusun Suka Makmur untuk musyawarah di Kantor Camat Halongonan Timur Paluta setelah sholat Djuhur, ajaknya.

Aliansi masyarakat dusun Suka Makmur minta 20 orang untuk menghadiri pertemuan di Kantor Camat Halongonan Timur.

Pertemuan utusan 20 orang Aliansi Masyarakat Dusun Suka Makmur dengan Maneger PT. PIS di rang rapat Kantor Camat Halongonan Timur yang dimediasi oleh Camat Halongonan Timur Mahyulni Harahap, SH beserta Muspika tidak ada kesepakatan.

“Hasil rapat hari ini tidak ada titik temu (deklog),permasalahan akan dilimpahkan ke kabupaten”, ucap Camat sambil menutup rapat.

Dan Aliansi masyarakat dusun Suka Makmur tetap melarang mobil tronton angkutan PT. PIS melintasi jalan itu sebelum ada kesepakatan kedua belah pihak yang bertikai.(Haryan).