Piala AFF : Timnas Tak Mampu Kalahkan Filipina

Jakarta,Realitarakyat.com- Timnas Indonesia gagal mengakhiri penampilan di Piala AFF 2018 dengan kemenangan. Pasukan Bima Sakti Tukiman cuma mampu bermain imbang tanpa gol dengan Filipina di laga pamungkas Grup B, Minggu (25/11/2018) malam WIB.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pelatih timnas Indonesia Bima Sakti menurunkan komposisi terbaik meski sudah dipastikan tidak akan bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2018.

Filipina hampir membungkam SUGBK pada saat laga berjalan lima menit. Kiper Andritany Ardhiyasa gagal mengalau umpan silang Filipina dengan sempurna. Si kulit bundar jatuh ke kaki Stephan Schrock. Beruntung, bola sepakan Schrock masih melebar dari gawang Indonesia.

Timnas Indonesia balas mengancam di menit sembilan lewat situasi bola mati. Umpan tendangan bebas Evan Dimas disundul oleh kapten Hansamu Yama Pranata. Akan tetapi bola masih meleset dari sasaran.

Pada sisa babak pertama, timnas Indonesia kerepotan mengimbangi lini tengah Filipina. Timnas Indonesia lebih banyak mengandalkan tusukan dari Riko Simanjuntak. Aksi Riko cukup merepotkan Filipina.

Sayangnya tak ada umpan-umpan akurat yang mampu diberikan Riko untuk penyerang timnas Indonesia Beto Goncalves. Skor kacamata mengakhiri babak pertama.

Sepuluh menit setelah jeda, Timnas Indonesia berharap mendapat hadiah penalti ketika Riko terjatuh saat berduel dengan Sato. Tapi wasit tidak menganggap insiden ini sebagai sebuah pelanggaran.

Filipina nyaris membuka keunggulan pada menit 59. Manuel Ott lolos dari kawalan pemain belakang timnas Indonesia. Untungnya kiper Andritany masih bisa menepisnya.

Semenit kemudian, Filipina kembali dapat peluang melalui Sato. Tendangan spekulasinya dari tengah lapangan susah payah ditepis oleh Andritany.

Filipina mengancam lagi pada menit 88. Tendangan bebas Ott dari sudut sempit memaksa Andritany jatuh bangun menepisnya.

Timnas Indonesia sendiri sangat sulit membongkar pertahanan Filipina di babak kedua. Masuknya Irfan Jaya juga tidak banyak membantu. Tak ada gol yang tercipta hingga peluit panjang ditiup wasit.

Hasil imbang ini membuat Indonesia finis di posisi empat Grup B dengan koleksi empat poin. Skuat Garuda cuma berada di atas Timor Leste yang menjadi juru kunci.(A Fahmi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *