Connect with us

Ekonomi

Pasca Gempa NTB, Penumpang tujuan Lombok Menurun Drastis

Published

on

Mataram. Realitarakyat.com. – Pascagempa bumi yang mengguncang Lombok dan Sumbawa pada awal Agustus 2018 berdampak besar terhadap jumlah penumpang angkutan penerbangan di Zainuddin Abdul Majid Internasional Airport. Bahkan hingga saat ini jumlah penumpang pesawat turun dan berada di bawah angka 10 ribu orang penumpang perharinya.

“Dibandingkan dengan priode yang sama dari Januari sampai September ini, tahun lalu kita masih tumbuh,” kata Kepala Cabang Angkasa Pura I Zainuddin Abdul Majid Internasional Airport Lombok, I Gusti Ngurah Ardita, Kamis (8/11).

Ardita mengatakan, meskipun saat sekarang ini jumlah penumpang kondisinya dibawah 10 ribu orang, PT Angkasa Pura I Lombok tetap harus membuka rute-rute penerbangan pascagempa. Tetapi jika bandingkan dengan tahun lalu, posisinya masih tumbuh sekitar 6 persen.

Kondisi sekarang ini maskapai sudah ada beberapa yang sudah mulai melakukan penerbangan walaupun ada memang di beberapa rute-rute tertentu tidak beroperasi. Karena dengan adanya penurunan jumlah penumpang pada jam – jam tertentu menyebabkan beberapa maskapai tidak operasi. Tidak ada efesiensinya, hampir semua rute mengalami hal tersebut.

Selain itu, pada saat presentase ini berada dibawah 30 persen, misalnya pada jam tertentu tidak ada operasi dan tidak melayani penumpang dan atau bisa digabungkan ke penerbangan maskapai yang jam lainnya. Misalnya Bali jam sore sedikit penumpangnya ditawarkan di jam yang bisa mereka operasikan.

Dijelaskannya penurunan jumlahk penumpang ini terjadi memang dikarenakan bencana gempa beberapa waktu lalu. Dimana operasi penerbangan pun turut sepi, yang seharusnya pesawat beroperasi itu harus ada penumpang, karena ini merupakan bisnis. Sedangkan pertumbuhan sekarang dapat dilihat saja sebelum gempa sangat bagus. Ada beberapa kegiatan yang banyak dilakukan di Lombok dan kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik.

Pascagempa itu mulai secara bertahap memang pada awal gempa relatif tinggi. Karena relawan banyak yang datang, kemudian saat ini terjadi bencana alam di Palu dan semua beralih kesana, hal itu juga menjadi dampaknya. Oleh sebab itu, untuk kembali memulihkan kondisinya yang perlu dilakukan adalah terus bergerak bersama-sama menjalankan masa recovery dan melakukan promosi.

“Kita tetap melakukan promosi, agar nantinya banyak kunjungan dan beberapa kegiatan juga kembali dilakukan di NTB,” pungkasnya. (Es)

Continue Reading
Click to comment

Ekonomi

Lapor Jokowi, Sekarwo: Harga Sembako di Jatim Stabil

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com. – Gubernur Jawa Timur Soekarwo melaporkan kondisi harga bahan pangan di Provinsi Jawa Timur kepada Presiden Joko Widodo. Laporan itu diungkapkan saat Soekarwo memberi kata sambutan dalam acara di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Lamongan pada Senin (19/11/2018) pagi.

“Saya ingin melaporkan kondisi harga bahan pokok di Provinsi Jawa Timur dari triwulan pertama di tahun 2017, sampai triwulan ketiga 2018,” tegas Soekarwo.

Presiden Jokowi hadir di acara itu bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Beras jenis IR17, misalnya, dilaporkan Soekarwo, stabil. Gula pasir, garam beryodium dan minyak goreng justru tercatat mengalami penurunan harga.

Terdapat sejumlah bahan pangan yang mengalami kenaikan, namun hanya sekitar Rp 1.000 hingga Rp 2.000 saja. “Daging sapi murni naik dari Rp 105.000 menjadi Rp 106.000. Ayam broiler naik dari Rp 28.000 jadi Rp 29.000. Tapi ayam kampung harganya turun,” ujar Soekarwo.

Ada hal yang membuat peserta acara tertawa, yakni karena Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur itu sampai menyebutkan sejumlah bahan pangan tertentu secara detail. “Telur ayam turun, susu bendera, susu kental manis, yang cap Bendera itu Pak, stabil. Susu bubuk instan stabil, kacang kedelai stabil, mie instan juga, ikan teri juga stabil, sayur mayur bervariasi. Buncis naik sedikit, tapi lainnya stabil,” jelas Soekarwo diiringi tawa peserta aara.

Mengenai harga tepung terigu, Soekarwo mengaku, sempat salah menerima informasi. Pada awalnya, ia mendapatkan informasi bahwa harga tepung terigu mengalami kenaikan. Namun rupanya informasi itu hoaks semata.

“Tepung terigu mulai triwulan pertama 2017 sampai sekarang stabil. Hampir saja kita terbawa informasi yang salah. Tapi ternyata saya cek di 110 pasar di Jawa Timur, stabil,” ungkap Soekarwo.

Menurut dia, informasi mengenai kondisi harga bahan pangan ini perlu disampaikan kepada masyarakat. Sebab, banyak informasi hoaks bersliweran yang menyatakan harga bahan pangan mengalami kenaikan.

“Sampai September, inflasi di Jawa Timur itu 1,78 saja. Kalau inflasinya segitu, barang naik dari mana? Enggak ketemu,” pungkasnya.

 

Continue Reading

Ekonomi

Soetrisno Bachir Bicara ‘Arus Baru Ekonomi Indonesia’ KH. Ma’ruf Amin

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com. – Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir menghadiri peluncuran buku pokok-pokok pikiran ekonomi cawapres KH. Ma’ruf Amin yang berjudul ‘Arus Baru Ekonomi Indonesia’.

Soetrisno berharap buku tersebut bukan hanya menjadi arus baru, tapi juga bisa membuat arus perubahan dalam perekonomian di era kepemimpinan Jokowi.

“Ini bisa menjadi sesuatu yang bukan hanya arus baru tapi arus perubahan. Karena Pak Jokowi itu sudah berkali-kali kita tahu dan menyampaikan khususnya kepada kami melihat ada sesuatu yang harus menjadi PR kita bersama yaitu mengangkat masyarakat kebanyakan ini untuk berpartisipasi di pembangunan,” kata Soetrisno di Jakarta, Selasa, (13/11) malam.

Karena itu kata dia, partisipasi dalam pembangunan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Mengingat masyarakat masih belum semuanya siap untuk menjalankan percepatan ekonomi. Sehingga pemikiran Ma’ruf Amin dalam buku ini bisa membantu Jokowi untuk mengatasi permasalahan perekonomian.

“Pemikiran Pak Ma’ruf, umat ini harus siap merespons apa yang disampaikan Pak Jokowi itu,” kata Soetrisno.

Menurut mantan Ketum PAN ini memang diperlukan partisipasi aktif dari masyarakat untuk membantu perekonomian bangsa. Sebab, kata Soetrisno, kalau masyarakat tidak ikut berperan, maka kesenjangan ekonomi masih belum bisa diatasi sepenuhnya.

Dia menyadari jika perkembangan ekonomi tidak bisa dijalankan seorang diri. Ibarat mengolah perkebunan sawit perlu partisipasi orang lain.

“Mudah-mudahan pemikiran Pak Kiai sejalan dengan KEIN yang menunjukkan Indonesia emas 2045 tercapai jika terjadi arus baru. Arus baru yang dimaksud tadi, kitanya sendiri dari umat Islam yang jumlahnya mayoritas bisa berperan aktif,” jelas Soetrisno.

“Insyaallah dengan ridho Allah SWT pemikiran Pak Kiai Ma’ruf bisa dijalankan dan sekali lagi ini bisa meringankan teman-teman pengusaha besar ini, bisa bermitra karena enggak mungkin kita bekerja sendiri,” pungkasnya.

 

Continue Reading

Ekonomi

Negara ASEAN Sepakat Kerjasama Perdagangan Sitem E Commerce

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com. – Negara-negara anggota ASEAN menandatangani kesepakatan kerja sama sistem perdagangan elektronik (e-commerce) untuk mendukung ekonomi digital di wilayah itu

“Kesepakatan kerangka kerja sama ASEAN tentang e-commerce adalah yang pertama di dunia dan ASEAN yang pertama kami memulainya,” ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita usai menghadiri pertemuan Pertemuan ASEAN Economic Community Council ke-17, Singapura, Senin (12/11/2018).

Ia mengatakan kesepakatan tersebut untuk mendukung perkembangan ekonomi digital dengan menciptakan lingkungan yang kondusif pertumbuhan e-commerce.

Secara tidak langsung, lanjut dia, kerangka kerja sama itu membangun konektivitas digital yang lebih besar di kawasan ASEAN.

Sebelumnya, Negara-negara anggota ASEAN menyepakati kerangka kerja sama perdagangan tentang sistem elektronik (e-commerce) untuk mendukung perkembangan ekonomi digital.

“Indonesia ikut menandatangani kerja sama perdagangan tentang e-commerce mendukung perkembangan ekonomi digital serta perdagangan di negara-negara kawasan ASEAN,” ujar Enggartiasto Lukita.

Perjanjian ASEAN tentang perdagangan elektronik atau e-Commerce ditandatangani oleh para menteri ekonomi ASEAN lainnya.

Penandatanganan tersebut merupakan rangkaian Pertemuan Tingkat Tinggi Asean ke-33 yang berlangsung sejak 11 November hingga 15 November 2018.(Wahyu)

Continue Reading

BERITA POPULER