Connect with us

Daerah

Harga Diatas HET, Konsumen Minta Pemkot Ambil Alih Penyaluran Gas LPG 3 Kg

Published

on

TANJUNG BALAI– Walau pemerintah Tanjung Balai, Sumatera Utara sudah berulang kali melakukan Operasi Pasar (OP) maupun memberi penyalur peringatan tetapi harga gas elpiji bersubsidi ukuran 3 kg di daerah itu selalu jauh lebih tinggi dari Harga Enceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Karena itu, untuk memberikan efek jera kepada distributor dan pangkalan, masyarakat meminta Pemkot mengambil alih penyalur gas melon tersebut,” ungkap anggota DPRD Tanjungbalai,” Hakim Tjoa Kian Lie, Rabu (7/11).

Menurut Hakim, hal yang wajar jika pemerintah mengambil alih kewenangan distributor maupun pangkalan sehingga harga kebutuhan pokok itu tidak ‘dipermainkan’ kelompok-kelompok pencari keuntungan.

Bila penyaluran dilakukan Pemkot, masyarakat bisa membeli sesuai HET yang ditetapkan pemerintah, saat ini Rp16.000 per tabung. Bila Pemkot tidak berani melakukan langkah itu diyakini gas bersubsidi itu selalu menjadi persoalan masyarakat baik harga maupun ketersediannya.

Hal senada diungkapkan Taufik Hidayat. Penggiat anti korupsi Tanjung Balai ini mengatakan, para penyalur gas melon itu telah mengabaikan peraturan yang berlaku sehingga wajar jika Pemkot mengambil alih penyalurannya.

Dikatakan, aksi yang dilakukan pemerintah baik itu monitoring maupun OP, ini tidak mampu bakal menyelesaikan masalah. Lebih baik pemerintah mengambil alih penyaluran mulai dari tingkat agen dan pangkalan. “Selain itu, izin agen maupun pangkalan yanga da saat ini mohon ditinjau ulang.”

Ya, baru-baru ini konsumen mendapatkan gas bersubsidi ini harus merogoh kocek Rp35.000 per tabung dan itu juga sulit mendapatkannya. Padahal, M Ibrohim (Sales Executive) PT Pertamina UPMS-I menyatakan, penyaluran LPG bersubsidi untuk Tanjung Balai sudah lebih satu persen dari target.
Norlmalnya penyaluran 13,6 Metric Ton (MT) per hari. Realisasi penyaluran Januari-Oktober 3.325 MT. Kuota Tanjung Balai Januari-Oktober 2018 hanya 3.278 MT. Jadi, penyalurannya sudah lebih satu persen dari target.

Peninjauan dan monitoring yang dilakukan Pemkot bersama Polres Tanjung Balai, Selasa (6/11) menemukan harga gas bersubsidi ditingkat konsumen sampai Rp 35.000 per tabung. (ign)

Continue Reading
Click to comment

Daerah

Ketua DPC PPP Kabupaten Labuhanbatu Selatan: Bersama bergandengan tangan rapatkan barisan dalam memenangkan Pemilu Legislatif 2019

Published

on

Ketua DPC PPP Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Amir Mahmud Harahap mengajak untuk bersama bergandengan tangan rapatkan barisan dalam memenangkan Pemilu Legislatif 2019

Labusel, realitarakyat.com- Partai PPP Labuhanbatu Selatan melaksanakan Konsolidasi Pembekalan Caleg DPRD 2019 di Hotel Grand Suhada Jalan Lintas Sumatera Simpang Asam Jawa, Aek Batu Kecamatan Torgamba Labuhanbatu Selatan, Sabtu (17/11/2018).

Ketua dan Penanggung Jawab Kegiatan,Yusri Rizal Tanjung mengatakan bahwa pada acara konsolidasi hadir DPC PPP Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Amir Mahmud Harahap, Khairul Yusri Tanjung, Sutego. Turut hadir  Organisasi Kepemudaan Pemuda Muslim Indonesia (PMI) Labuhanbatu Selatan, Undrianto Sikumbang, Basrizal Koto, Irham Hasibuan serta 33 caleg Partai PPP dari Daerah Pemilihan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Tidak Ketinggalan Tim pemenangan serta anggota dari 72 desa dan 5 Kecamatan.

Dalam sambutanya, Ketua DPC PPP Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Amir Mahmud Harahap mengajak untuk bersama bergandengan tangan rapatkan barisan dalam memenangkan Pemilu Legislatif 2019 yang Akan datang.

“Besar harapan kursi DPRD yang akan datang minimal satu kursi setiap Daerah Pemilihan legislatif,” harapnya.

Narasumber dalam Rapat Pimpinan Cabang dan Konsolidasi Partai PPP, Ketua DPW Provinsi Sumatera Utara, Drs.H.Yusrizal Parlagutan Lubis dan rombongan Caleg Provinsi  Sumatera Utara Dapil Labuhanbatu Raya dan Caleg DPR – RI.

Menurut Ketua DPW  Sumatera Utara ia akan tegas terhadap pihak yang menghina Partai berlambang Ka’bah PPP.

“Untuk 2019 Kita yakin dengan ke kompakan serta  kebersamaan. Jika orang malu menggunakan lambang Ka’bah dan mengaku Islam tapi malu sebagai anggota PPP dan Ka’bah di dadanya, cepat keluar dari partai ini,” ujar Yusrizal Parlagutan Lubis M.Pd.( Haryan).

Continue Reading

Daerah

Dinkes Labusel Gelar Perlombaan Menyambut HKN Ke-54

Published

on

Senam erobik saat diperlombakan di halaman depan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Labusel, realitarakyat.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Selatan gelar bermacam perlombaan di halaman depan Kantor  Dinas Kesehatan Labusel Komplek Perkantoran Sosopan Kecamatan Kotapinang. Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, jum’at 16/11/2018.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Siti Nursia Tanjung, S. Kep, Kabid Bimkesmas Juli Tanjung, Kabid Sumber Daya Kesehatan Khoirul Idaman Harahap, ST, MM dan Ketua Perlombaan H. Ipsah Siregar sebagai panitia penyelenggara acara perlombaan.

Melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan Khoirul Idaman Harahap, ST, MM memberikan keterangan bahwa tujuan dilakukannya perlombaan.

“Membangun silaturrahmi dan kekompakan antara masing-masing ASN tenaga kesehatan Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Selatan”.

Jenis yang diperlombakan seperti, tarik tambang, lari goni, senam erobik, makan kerupuk dan lainnya.

Sementara ini perlombaan yang telah diketahui pemenangnya, lomba tarik tambang putri. Sebagai pemenang juara 1 Puskesmas Batu Ajo, juara 2 Puskesmas Aek Batu dan juara 3 Puskesmas Cikampak.

Selanjutnya, keluar sebagai pemenang dalam perlombaan juara 1, 2 dan 3 akan diberikan hadiah pada saat upacara  peringatan HKN ke 54 pada tanggal 22 November 2018 nanti.

Dan selain perlombaan itu, diadakan kegiatan kebersihan secara bergotong-royong di Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, jelas Khoirul.(Haryan).

Continue Reading

Daerah

Petugas Bea Cukai Teluk Nibung Temukan Shabu Tidak Bertuan

Published

on

TANJUNG BALAI, Realitarakyat.com– Petugas Bea dan Cukai Teluk Nibung, Tanjung Balai, Sumatera Utara menemukan narkotika jenis shabu sekitar 1 kg dari koper penumpang Kapal Ferry (KF) Ocean Star yang datang dari Port Klang, Malaysia, Kamis (15/11) sore.

Seperti biasanya, seluruh barang penumpang diperiksa menggunakan sinar X-Ray. Petugas curiga ransel yang sudah melewati Sinar X-Ray karena ada sinyal mencurigakan.

Petugas melakukan pemeriksaan ulang secara manual dan ditemukan barang haram tersebut. Namun, petugas tidak menahan si pemilik barang untuk menyaksikan pemeriksaan manual tersebut.

Shabu ditemukan dalam sepatu wanita yang ada dalam ransel itu. Namun, pemilik ransel sudah tidak diketahui keberadaannya. Untuk pengusutan, petugas Bea dan Cukai Teluk Nibung hanya bisa mengamankan tas ransel berikut shabu itu.

Sumber di Kanpel Bea Cukai Teluk Nibung, membenarkan penangkapan shabu tidak bertuan itu. Dengan alasan keamanan, tas berikut shabu itu sudah diserahkan ke Polres Tanjung Balai.

Kapolres Tanjung Balai melalui Kasat Narkoba AKP Adi Haryono membenarkan adanya penyerahan barang tas ransel berisi shabu. Namun, Adi menolak memberikan keterangan lebih rinci dengan alasan, pihaknya hanya diminta mengamankan barang buktinya saja.

“Betul, barang bukti berupa ransel berisi shabu kita terima dari Kanpel Bea dan Cukai Teluk Nibung. Untuk informasi lebih jelas, belum bisa dijelaskan karena bukan kewenangan kita,” demikian Adi Haryono. (ign)

Continue Reading

BERITA POPULER