Connect with us

Luar Negeri

Donatur Isis Untuk Indonesia Ditangkap di Turki

Published

on

Turki, Realitarakyat.com. – Sedikitnya 24 orang ditangkap aparat keamanan Tukri, karena dicurigai menjadi anggota kelompok teror Negara Islam Irak dan Suriah alias ISIS.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip Anadolu Agency, Kamis (8/11/2018), Kantor Kepala Kejaksaan di Diyarbakir, provinsi di bagian tenggara Turki, mengatakan para tersangka ditangkap dalam operasi simultan yang dilakukan di 11 provinsi, Senin (5/11) yang lalu.

Para tersangka diduga mentransfer uang ke sejumlah kelompok teroris di Suriah, Lebanon, Irak, Indonesia dan Libya.

Pasukan keamanan telah melakukan kampanye jangka panjang untuk membersihkan teroris ISIS dari Turki.

Sejauh ini, lebih dari 300 orang telah kehilangan nyawa mereka dalam serangan yang diklaim ISIS di Turki, di mana kelompok teror itu menargetkan warga sipil dalam bom bunuh diri, serangan roket dan senjata. (Hasyim)

Continue Reading
Click to comment

Luar Negeri

Presiden Tiba di Papua Nugini untuk Hadiri KTT APEC

Published

on

PapuaNugini, Realitarakyat.com. – Udara cerah di Bandar Udara Internasional Jackson, Port Moresby, Papua Nugini menyambut kedatangan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Setelah menempuh perjalanan selama 1 jam 15 menit dari Bandar Udara Internasional Mopah, Merauke, Provinsi Papua, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 mendarat pukul 10.35 waktu setempat (WS) atau 7.35 WIB.

Di bandara, Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh Kepala Protokol Negara Papua Nugini Morea Veratau, Wakil Perdana Menteri Papua Nugini Charles Kauvu Abel, Menteri Pertanahan dan Tata Ruang (Menteri APEC) Justin Tkatchenko, Gubernur National Capital District Powes Parkop, dan Duta Besar Indonesia untuk Papua Nugini Ronald J.P. Manik beserta Ibu Ratna Dewi Manurung.

Sementara itu, Ibu Iriana menerima bunga tangan yang diserahkan oleh dua putra dan putri Papua Nugini. Sebelum memasuki kendaraan yang disiapkan, Presiden dan Ibu Iriana disambut tarian selamat datang.

Dari bandara, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan langsung menuju hotel tempat menginap selama berada di Papua Nugini.

Tiba di hotel, Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh masyarakat Indonesia yang mengibarkan bendera tangan. Di sini, Ibu Iriana menerima bunga tangan yang diserahkan oleh dua anak putra dan putri Indonesia.

Tampak menyambut Presiden dan Ibu Iriana, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Demikian disampaikan Bey Machmudin, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden RI, Sabtu (17/11/2018).

.

 

 

Continue Reading

Luar Negeri

Presiden Jokowi Minta Negara Kawasan Tingkatkan Kerja Sama Maritim

Published

on

Singapura, Realitarakyat.com. – Kerja sama maritim harus ditingkatkan untuk memastikan terwujudnya keamanan maritim, sehingga dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi, dan memperkuat perdamaian dan stabilitas.

Pernyataan ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam ASEAN-India Informal Breakfast Summit yang digelar di Suntec Convention Centre, Singapura, pada Kamis 15 November 2018.

“Indonesia, ASEAN, dan India memiliki shared vision kerja sama maritim dengan menekankan upaya untuk memperkuat investasi dan perdagangan, menjaga keberlanjutan sumber daya laut, dan meningkatkan keamanan maritim,” ujar Presiden.

Presiden meyakini bahwa semua upaya tersebut bisa dicapai bila kita memperkuat kawasan Indo-Pasifik yang mengedepankan kerja sama maritim, konektivitas, dan pembangunan berkelanjutan, bukan mengedepankan persaingan.

“Kerja sama maritim adalah kunci utama kemitraan ASEAN-India. Laut yang aman adalah common destiny kita,” tutur Presiden.

Melalui kerja sama Indo-Pasifik, lanjut Presiden, kemitraan ASEAN-India akan semakin erat.

“ASEAN-India akan terus tumbuh lebih sejahtera, dan ASEAN-India dapat terus berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan,” kata Kepala Negara.

Dalam pertemuan tersebut, selain dihadiri oleh kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN, juga dihadiri oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.(Hasyim)

Continue Reading

Luar Negeri

DPR Kutuk Serangan Biadab Israel ke Gaza

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com. – Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, mengutuk keras serangan tentara Israel terhadap warga Palestina di Gaza yang menewaskan 7 orang lebih, dan menghancurkan bangunan media dan warga sipil.

“Kami mengutuk kebiadaban zionis terhadap warga sipil di Gaza, yang diblokade sejak 2006 hingga sekarang terus diserang dan dibombardir Israel dan pendukungnya itu,” tegas Abdul Kharis, Rabu (14/11/2018).

Karena itu dia menyampaikan duka cita yang mendalam dan solidaritas penuh kepada korban dan keluarga akibat aksi serangan tentara zionis tersebut. Padahal ada amanah konstitusi maupun PBB yang terus dilanggar Israel.

“Dalam pembukaan UUD 1945 amanat konstitusi kita menegaskan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Jadi, soal Palestina bukan sekedar isu agama, tapi sebagai isu kemanusiaan dan kemerdekaan Palestina,” ujarnya.

Abdul Kharis meminta agar Indonesia mendorong DK PBB untuk segera menggelar rapat darurat dan membentuk tim independen serta melaporkan hasilnya kepada PBB atas kebiadaban Israel tersebut.

“Israel memiliki tanggung jawab di bawah hukum hak asasi manusia dan kemanusiaan internasional untuk melindungi warga sipil, sehingga PBB harus mengusut tuntas dan tidak membiarkan pelanggaran HAM di Palestina,” tambah Kharis.

Dengan demikian dia meminta langkah kongkret Kemenlu RI, sebagai anggota DK PBB bisa segera mengusulkan penggunaan kekuatan senjata untuk melindungi warga Palestina dari serangan Israel.

“Indonesia bisa ajukan resolusi ke DK PBB untuk menuntut agar Israel menghentikan serangan militernya, karena hal itu melanggar hukum internasional,” pungkasnya.

 

Continue Reading

BERITA POPULER