Connect with us

Nasional

Sekjen PBB Puji Kesigapan Indonesia Tangani Korban Bencana Alam Lombok dan Sulteng

Published

on

Bali,Realitarakyat.com. – Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres. Pertemuan berlangsung di Ruang Balai Citra, Hotel The Laguna Resort & Spa Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (11/10/2018).

Tiba sekira pukul 08.25 WITA di lobi Hotel Laguna, Sekjen PBB yang juga mantan Perdana Menteri Portugal itu tampak mengenakan batik lengan panjang dan disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Selanjutnya Presiden Joko Widodo bersama Antonio Guterres melakukan pembahasan sejumlah hal termasuk gempa di Sulawesi Tengah dan perdamaian Palestina.

Memberikan keterangan selepas pertemuan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, Sekjen PBB menyampaikan dukacita mendalam bagi para korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah dan Lombok. Dirinya juga memuji respons pemerintah dalam melakukan penanganan cepat pascakejadian itu.

“Sekjen PBB mengatakan bahwa masyarakat Indonesia memiliki resiliensi yang tinggi dan mengapresiasi respons cepat pemerintah sehingga situasi dapat diatasi dalam waktu yang singkat. Beliau mengatakan selalu tidak mudah kita bekerja pada saat situasi emergency seperti itu,” ujar Retno.

Terkait dengan perdamaian dunia yang juga menjadi pembicaraan kedua pihak, Sekjen PBB mengapresiasi posisi Indonesia terhadap upaya perdamaian di Palestina. Selain itu, Indonesia juga dianggap sebagai mitra vital bagi PBB dalam menciptakan perdamaian dunia. Indonesia diketahui sebagai negara kontributor terbesar terhadap pengiriman pasukan perdamaian PBB.

“Indonesia memiliki kekuatan dan keinginan untuk aktif di dalam upaya menciptakan perdamaian dan kesejahteraan dunia. Jadi kemitraan Indonesia dan PBB dinilai oleh Sekjen PBB sangat excellent,” ucapnya.

Adapun terhadap upaya diplomasi Indonesia yang dilakukan guna menangani permasalahan di Rakhine State, Myanmar, Sekjen PBB menilai, Indonesia merupakan negara yang tepat untuk melakukan penanganan dengan cara-cara yang sesuai sehingga dapat tetap berkontribusi di tengah situasi yang sulit.

“Sekjen PBB mengatakan bahwa cara Indonesia mendekati isu tersebut dinilai pas sehingga Indonesia dapat memberikan kontribusi walaupun situasinya tidak mudah. Kemajuan (penanganan) juga masih terus didorong, tetapi Indonesia diyakini dapat terus berkontribusi dalam upaya menyelesaikan situasi di Rakhine State,” tuturnya.(Ni Luh A)

Nasional

Jokowi akan Kelombok, Dalam Waktu Dekat Anggaran Bantuan Gempa Akan Dicarikan

Published

on

Mataram,Realitarakyat.com. – Gubernur Nusa Tenggara Barat Doktor Zulkieflimansyah bersama Kepala BNPB, Menteri PUPR dan Kepala BPKP hari ini, Senin (15/10) menghadap Presiden Joko Widodo untuk membahas proses pencairan dana bantuan gempa bumi di Lombok.

Dijadwalkan Presiden Jokowi pada hari Kamis (18/10) akan datang ke NTB dan Presiden memastikan bahwa korban gempa yang telah mendapatkan buku tabungan dan rekening, dana bantuan untuk pembangunan hunian tetap bisa di cairkan pada hari Selasa atau Rabu.

Pernyataan tersebut di sampaikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Doktor Zulkieflimansyah kepada media ini. Lebih jauh Dr. Zul demikian sapaan akrabnya menjelaskan prosedur pencairan dana yang sebelumnya rumit dan berbelit belit di pangkas total. Pencairan dana bantuan tersebut kini cukup menandatangani satu lembar persyaratan yang di tanda tangani oleh Pokmas dan PPK.

“Jadi bagi yang ingin cair, segera bentuk Pokmas. PPK dari BPBD akan kami minta turun proaktif ke bawah, ke kecamatan dan desa agar bisa selesai dalam 2 hari ini,” ujarnya.

Lebih jauh Dr. Zul mengatakan pada pertemuan bersama Kepala BNPB pusat, Menteri PUPR dan Kepala BPKP, Presiden meminta agar proses pencairan dana ke masyarakat tidak ribet. Proses pencairan yang tadinya 17 lembar kini menjadi 1 lembar saja.

Seperti di ketahui masyarakat yang menjadi korban gempa mendapatkan bantuan dengan jumlah bervariasi tergantung tingkat kerusakan rumah. Untuk rusak berat akan mendapatkan 50 juta, rusak sedang mendapatkan 25 juta dan rusak ringan mendapatkan 10 juta rupiah.(RZ)

Continue Reading

Nasional

Pelamar CPNS Mencapai 4,34 Juta Seluruh Indonesia

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com. – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan bahwa total akun pelamar yang telah dibuat sebanyak 4.349.780 orang dan total pelamar yang telah menyelesaikan pendaftaran sebanyak 3.213.015 orang.

“Untuk formasi umum akun pelamar yang dibuat 4.279.758 orang dan pelamar yang telah selesai daftar: 3.180.897 orang,” ujar Kepala Biro Hubungan Kemasyarakatan (Humas) BKN, M. Ridwan dalam rilis, Minggu (14/10).

Untuk formasi penyandang disabilitas, menurut Karo Humas BKN, akun pelamar yang dibuat sebanyak 2.543 orang dan pelamar yang telah selesai mendaftar sebanyak 1.442 orang.

“Untuk formasi Putra/Putri Papua akun pelamar yang telah dibuat sebanyak 5.402 orang dan pelamar yang selesai mendaftar sebanyak 2.882 orang,” katanya.

Akun pelamar yang dibuat untuk formasi Lulusan Terbaik, menurut Ridwan sebanyak 20.554 orang dan pelamar yang telah selesai mendaftar sebanyak 20.796 orang.

“Untuk formasi Diaspora akun pelamar yang dibuat sebanyak 92 orang dan pelamar yang telah selesai mendaftar: 14 orang. Sedangkan, untuk formasi atlet berprestasi internasional hingga kini belum ada pendaftar,” ujar Ridwan.

Jumlah formasi Honorer K2 yang telah mendaftarkan akun pelamar, lanjut Karo Humas BKN, sebanyak 8.453 orang dan pelamar yang telah selesai mendaftar: sebanyak 7.989 orang.

Help Desk SSCN Ditutup

Mengenai informasi pendaftaran yang disediakan lewat Help Desk SSCN online, BKN melalui akun twitter resmi @BKNgoid menyampaikan bahwa sejak Minggu, 14 Oktober 2018, pukul 23.59 WIB sudah tidak menerima kembali pertanyaan mengenai CPNS 2018.

“Helpdesk online di web SSCN ditutup pada Minggu, 14/10/2018 pukul 23.59 WIB. Helpdesk SSCN yang berada di Kantor BKN Pusat & Kanreg tidak lagi menerima konsultasi sejak Senin, 15/10/2018 dan seterusnya. Pendaftaran SSCN ditutup Senin, 15/10/2018 pukul 23.59 WIB,” bunyi akun twitter @BKNgoid, Minggu (14/10). (Nanang)

Continue Reading

Nasional

Nelson N Simamora : Lagi lagi Anis Berbohong,Saat Kampanye Janji Tidak Akan Menggusur Faktanya Gusur Juga

Published

on

Perobohan rumah di pergusuran Kampung Pulo

Jakarta,Realitarakyat.com. – Janji janji manis saat kampanye sering diumbar para kandidat, tidak takut akan dosa , salah satunya janji Anis Baswedan saat kampanye di kampanye pilkada DKI yang lalu tidak akan menggusur, tetapi faktanya terus melakukan penggusuran.

Kepala Bidang Perkotaan dan Masyarakat Urban LBH Jakarta Nelson Nikodemus Simamora mengingatkan agar Gubernur DKI Anies Baswedan tak lagi melakukan penggusuran. Ia menyebut, Anies harus konsisten dengan ucapannya saat kampanye yang berjanji tak akan ada lagi penggusuran di Jakarta.

Pak Anies Baswedan sebagai gubernur DKI pernah menyebut tidak boleh ada lagi penggusuran di Jakarta. Karena itu, dia (Anies) selaku Gubernur harus memastikan di daerahnya tidak terjadi penggusuran paksa,” kata Nelson di Gedung LBH Jakarta, Jakarta, Senin, (15/10/2018).

Bukan hanya untuk Anies, Nelson menyebut pesan tersebut juga berlaku bagi pihak terkait lainnya. Sehingga, ia berharap aparat tidak semena-mena saat menggusur bangunan di Jakarta.
“Bukan hanya Anies, tapi pihak lain seperti polisi, tentara, perusahaan lainnya. Bagaimana cara agar mencarikan solusi terbaik,” ujar Nelson.

Nelson mengakui, di masa pemerintahan Anies, jumlah penggusuran di Jakarta sudah berkurang. Namun, ia menyebut masih ada penggusuran paksa terhadap pedagang kaki lima (PKL) yang melibatkan aparat dalam eksekusinya.
“Memang angka penggusuran di masa Pak Anies berkurang. Kami mencatat Oktober sampai Desember 2017 ada 12 titik penggusuran. Namun terhadap PKL masih terjadi. Apalagi ikut menyeret aparat untuk melakukan eksekusi. Ngapain tentara harus ikutan menggusur,” tutur Nelson.
Berdasarkan data dari LBH Jakarta periode Januari-September 2018, penggusuran di Jakarta terjadi di 79 titik. Jumlah tersebut terbilang masih sedikit jika dibandingkan dengan penggusuran periode Januari-September 2017 yang sebanyak 91 titik.(Wahyu)

Continue Reading

BERITA POPULER