Tanpa Koperasi, Ekonomi Tanjung Balai Tidak Seperti Sekarang

TANJUNG BALAI– Sekretaris Kota Tanjung Balai, Drs H Abdul Hayii Nasution mengatakan, koperasi adalah sumber daya berkualitas dalam mendukung perekonomian rakyat di Kota Tanjung Balai.

Tanpa koperasi, kata Abdul Hayii mewakili Wali Kota Tanjung Balai pada peringatan Hari Koperasi 2018 di di Gedung Wanita Tanjung Balai, Kamis (13/9), perekonomian Kota Tanjung Balai tidak dapat tumbuh seperti saat ini.

Namun, kata Abdul Hayii, saat ini banyak koperasi tidak berkembang seperti diharapkan akibat persoalan internal dan permodalan. Padahal, pelaku koperasi Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang mendukung perkembangan perekonomian rakyat.

Menurut Abdul Hayii, selain kedua faktor itu juga masih ada masyarakat yang memandang negatif dan akan pentinganya peran koperasi dalam mendukung perekonomian nasional.

“Semua itu merupakan tantangan yang harus dihadapi sesuai dengan tema Hari Koperasi ke-71 tahun 2018 ‘Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi’.

Koperasi sebagai bangunan usaha yang diatur secara konstitusional, kata dia, dalam peringatan Hari Koperasi tahun ini semoga menjadi momentum semua untuk menjadikan perekonomian Kota Tanjung Balai tumbuh dan berkembang bersama koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tanjung Balai, Nedi Hamlet mengatakan, peringatan Hari Koperasi kali ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang pentingnya koperasi sekaligus memberi motivasi untuk perkembangan dan kemajuan koperasi.

Saat ini ada 111 koperasi di Tanjung Balai dengan anggota 9.820 orang. Peringatan Hari Koperasi kali ini diisi dengan kegiatan seperti Lomba Tangkas Terampil Koperasi tingkat SMA/SMK, Lomba Koperasi Terbaik Tingkat Kota Tanjungbalai dan Lomba Kader Koperasi Terbaik.

Acara diakhiri dengan peringatan Hari penyerahan penghargaan kepada pelaku koperasi yang berprestasi, tokoh serta penggiat koperasi di Kota Tanjung Balai. (ign)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *