Connect with us

TNI -POLRI

Pemulihan Trauma, Kapolri Kirim Ratusan Polwan dan Tim Medis ke Lombok

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com. – Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan mengirimkan polisi wanita atau polwan untuk memberikan pemulihan trauma kepada korban perempuan dan anak-anak pascagempa Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Trauma healing merupakan tindakan yang dilakukan untuk membantu orang lain untuk mengurangi bahkan menghilangkan gangguan psikologis yang sedang dialami yang diakibatkan syok atau trauma.

Meski demikian belum dapat dipastikan berapa banyak jumlah polwan yang akan dikirim tersebut.

“Kita juga rencana akan mengirimkan polwan dalam rangka membantu menghilangkan trauma namanya trauma healing ya. Khususnya untuk wanita dan anak-anak,” ujar Tito di Mapolda Metro Jaya, Senin (6/8).

Tito menyebut saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Asisten Sumber Daya Manusia (ASDM) untuk memilih polwan yang telah berpengalaman dalam melakukan trauma healing.

Selain untuk memberikan trauma healing, polwan tersebut juga bertugas untuk menenangkan masyarakat di bandar udara dan tempat umum lainnya.

“Kita lagi koordinasikan dengan ASDM. Dipilih polwan yang memiliki pengalaman untuk trauma healing. Jumlahnya berapa nanti kita akan lihat semampunya berapa, kita akan kirim. Prinsip kita akan membantu mendukung dengan operasi kemanusiaan,” tuturnya.

Selain akan mengirimkan Polwan, Tito juga meminta setiap Polda menyumbangkan bantuan seperti selimut dan makanan.

“Saya juga minta kepada polda-polda untuk sebisanya membantu mengirimkan mungkin selimut atau makanan ringan seperti mi instan ya makanan tahan lama secara sukarela bagi jajaran polda seluruh Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, Kapolri juga mengatakan akan memberangkatkan empat satuan setingkat kompi (SSK) personel, lima tim kesehatan ke Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pengiriman ratusan personel tersebut untuk membantu penanganan korban bencana gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) yang mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB).

Asisten Operasi Kapolri Irjen Deden Juhara mengatakan, empat SSK yang terdiri atas 400 polisi dan 60 orang tim kesehatan akan diterjunkan menuju Mataram dan nantinya berbagi tugas ke Lombok Utara dan Lombok Timur.

“Tapi baru gelombang pertama yang diberangkatkan sebanyak 200 personel dan 15 tim kesehatan. Sisanya nanti menyusul,” ujarnya.

Tito menjelaskan, pasukan juga membawa barang-barang yang diperlukan bagi korban gempa seperti makanan, peralatan kesehatan, dan obat-obatan.

“Pada prinsipnya, kami akan maksimal membantu. Operasi kemanusiaan dilakukan, baik pertolongan kesehatan, evakuasi, bantuan makanan. Semua dilakukan,” jelasnya.

Saat ditanya terkait wilayah mana yang mengalami kerusakan paling berat, Deden mengungkapkan, terjadi di wilayah Lombok Timur. “Kami akan fokus di Lombok Timur terlebih dahulu,” pungkasnya.

Ratusan personel tersebut berangkat melalui Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta dengan menumpang maskapai Lion Air menuju ke Lombok, NTB.

Gempa berkekuatan 7,0 SR mengguncang wilayah Lombok dan Sumbawa di NTB, serta Bali, Minggu 5 Agustus 2018 pukul 19.46 WITA, dengan korban meninggal 91 orang.(Wahyu)

TNI -POLRI

Hari ini 9 Kapolda dan Kakorlantas Dimutasi

Published

on

Jakarta, Realitarakyat.com. – Kapolri Jenderal Tito Karnavian kembali merotasi sejumlah jabatan perwira tinggi (Pati). Posisi Kakorlantas dan 9 Kapolda Diganti

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2015/VIII/Kep/2018 dan ST/2014/VIII/Kep/2018 ter tanggal 13 Agustus 2018. Irjen Royke Lumowa dimutasi jadi Kapolda Maluku. Posisi Kakorlantas akan dijabat Brigjen Refri Andri yang saat ini Karoprovos Divpropam Polri.

“Betul. Mutasi rutin dalam rangka penyegaran,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto saat dimintai konfirmasi. Senin (13/8/2018).

Sementara, Kapolda Maluku saat ini, Irjen Andap Budhi Revianto dimutasi jadi Kapolda Kepri. Kapolda Kepri Irjen Didid Widjanardi jadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Kapolda Riau Irjen Nandang dimutasi jadi pati Baintelkam penugasan BIN. Posisinya akan diisi Brigjen Widodo Eko Prihastopo yang saat ini menjabat Wakapolda Jatim.

Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw dimutasi jadi pati Lemdiklat. Posisinya diisi Brigjen Agus Andrianto yang kini menjabat Wakapolda Sumut.

Lalu, Kapolda Papua Irjen Boy Rafli dimutasi jadi Wakalemdiklat Polri. Kapolda Papua akan diisi Irjen Martuani Sormin yang saat ini menjabat Kadiv Propam Polri.

Kadiv Propam Polri akan dijabat Brigen Listyo Sigit Prabowo. Posisi Kapolda Banten yang ditinggalkan sigit akan diisi Brigjen Teddy Minahasa.

Pergantian juga terjadi di Kapolda Jatim. Irjen Machfud Arifin dimutasi jadi Analisa Kebijakan Utama bidang Sahara Baharkam Polri. Dia digantikan Irjen Luki Hermawan yang saat ini menjabat Wakabaintelkam.

Wakabaintelkam akan diisi Irjen Suntana. Posisi Kapolda Lampung yang ditinggalkan Suntana akan dijabat Brigjen Purwadi yang saat ini menjabat Wakapolda Metro Jaya.

Sementara, Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Rahmat Mulyana diangkat jadi Sahlisosek Kapolri. Posisi yang ditinggalkannya akan diisi Irjen Yazid Fanani yang saat ini bertugas di BIN. (A Fahmi)

Continue Reading

TNI -POLRI

Yonkes Kostrad Rawat Ratusan Korban Gempa di KLU

Published

on

Mataram,Realitarakyat.com.- Sebanyak 660 orang korban luka gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapat perawatan anggota Satuan Tugas Kesehatan (Satgaskes) dari Batalyon Kesehatan (Yonkes) 2 Kostrad di tenda Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap), Senin (13/8/2018), yang didirikan di Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Lombok, NTB.

Komandan Yonkes (Danyonkes) 2 Kostrad Letkol Ckm dr. Shohibul Hilmi, Sp.OT mengatakan, data pasien sementara untuk pasien rawat jalan berjumlah 585 orang, sedangkan pasien rawat inap sampai dengan hari ini berjumlah 79 orang, diantaranya Ny. Wasni Warsite (35) yang diagnosa CKR Sub Pelvic, Ny. Suniarti (40) dengan diagnosa Fraktur Tibia, Ny. Sumatip (60) diagnosa Fraktur Humerus, Ny. Masdah (42) diagnosa CKR, dan Ny. Inak Mukiyah (52) yang didiagnosa Fraktur Proximal Humerus.

Adapun di tenda lain yang digunakan untuk merawat pasien laki-laki, lanjutnya, terdapat Ayadi dengan diagnosa Fraktur Humerus, Junaedi diagnosa Suspeck Closed Antebandisional, I Komang W. diagnosa Thoracolumbal dan Suspeck Dislokasi Shoulder, Sodo diagnosa CKR, Kardi diagnosa Thoracal Lumbal Injury, Andri diagnosa CF Femur, I Komang Gede diagnosa Strock Non Hemoragie.

“Di situ juga terdapat pasien anak-anak yakni Avza (6bln) dengan diagnosa Diare, Aulia (7th) diagnosa Fraktur Pelvis, Kalwa (2,7th) diagnosa Diare, Asila (1,8th) diagnosa Diare, dan Bayu (8th) diagnosa Diare,” ujar dr. Shohibul Hilmi.(Rudi A)

Continue Reading

TNI -POLRI

KB FKPPI Salurkan Bantuan Kepada Korban Gempa di Lombok

Published

on

Jakarta,Realitarakyat.com.- Keluarga pensiunan TNI Polri yang tergabung dalam Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI Polri (KB FKPPI), ikut memberikan perhatian terhadap para korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka menggalang bantuan sebagai aksi kepedulian.

Ketua Umum KB FKPPI Pontjo Sutowo menyampaikan, pihaknya sudah memiliki data lapangan terkait jumlah korban. Juga termasuk menyisir kebutuhan paling primer yang diperlukan masyarakat terdampak gempa.

Kita telah menugaskan anggota untuk terjun ke lokasi yang terkena dampak gempa di NTB guna membagikan bantuan pada para korban,” tutur Pontjo dalam keterangannya, minggu (12/8/2018).

Menurut dia, data korban bencana gempa NTB didapat dari Pengurus Daerah XXV KB FKPPI NTB. Diharapkan bantuan tersebut dapat sedikit meringankan beban warga terdampak gempa yang kini masih menginap di tenda pengungsian.

“Kita kerjasama dengan TNI AU. Bantuan dikirim dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU,” jelas Pontjo.

Jenis Bantuan
Sekjen KB FKPPI Anna Rudhiantiana Legawati merinci jenis bantuan yang dibagikan kepada korban terdampak. Di antaranya ada selimut, sarung, susu, popok bayi, makanan, dan sejumlah kebutuhan wanita.

“Aksi kepedulian kami lakukan demi kemanusiaan dan kami berharap bisa bermanfaat,” kata Anna.

Jumlah korban gempa Lombok berkekuatan 7 Skala Richter (SR) dan susulannya terus bertambah. Data laporan pemerintah daerah dan relawan yang dikumpulkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga minggu (12/8/2018) siang, ada 392 orang meninggal.

Sementara, 270.168 jiwa lainnya mengungsi di ribuan titik. Jumlah pengungsi juga diperkirakan bertambah mengingat belum semua terdata dengan baik.

Sebanyak 67.875 unit rumah, 468 sekolah, 6 jembatan, 3 rumah sakit, 10 puskesmas, 15 masjid, 50 unit musala, dan 20 unit perkantoran, rusak. Namun, pendataan masih dilakukan.(Nanang)

Continue Reading

BERITA POPULER